Klasifikasi Agama Dan Agama Islam


Klasifikasi Agama Dan Agama Islam

Jelaskan klasifikasi agama dan agama islam

Daftar Isi

1. Jelaskan klasifikasi agama dan agama islam


Jawaban:

agama adalah ajaran yang diterima oleh seseorang sedangkan agama islam untuk muslim


2. klasifikasikan proses penyebaran agama Islam Indonesia? ​


Jawaban:

Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M. Ketiga, teori Persia. Islam tiba di Indonesia melalui peran para pedagang asal Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke nusantara sekitar abad ke-13 M.

maaf yh kalo belum tepat


3. klasifikasikan kegiatan sosial keagamaan di sekitar yang mengandung nilai-nilai Islam​


Jawaban:

1.) pengajian bersama

2.) kegiatan karang taruna

3.) gotong royong membersihkan masjid


4. Apa perbedaan yang paling menonjol dari klasifikasi agama dan agama islam yang dilihat dari sumber, sifat dan tempatnya itu dibagi menjadi 3 ya , dari agama wahyu dan bukan wahyu, agama misionari dan bukan misiomari, agama ras geografis dan agama universal, perbedaan yang paling menonjolnya seperti apa ya ?


Jawaban:

1). Wahyu dan Non-wahyu

Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada Tuhan, kepada rasul-rasul-Nya dan kepada kitab-kitab-Nya serta pesannya disebarkan kepada segenap umat manusia. Agama wahyu timbul di daerah-daerah yang secara historis dibawah pengaruh ras semitik, sumber utama ketentuan baik dan buruk dalam agama adalah kitab suci dan terlahir di Timur Tengah bersifat misionaris, jelas dan tegas. Agama wahyu memberikan arah dan jalan yang lengkap bagi pemeluknya. Yang termasuk agama wahyu adalah Yahudi, Kristen, dan Islam.

Agama non-wahyu adalah agama yang tidak memandang esensial penyerahan manusia kepada tata aturan ilahi, ketentuan baik dan buruknya bukan sumber utama dari kitab suci, terlahir di luar area Timur Tengah dan luar wilayah pengaruh ras semitik. Ajaran agama non-wahyu bersifat tidak misionaris, kabur dan sangat elastis. Agama non-wahyu memberikan arah dan jalan yang hanya pada aspek tertentu saja. Yang termasuk agama non-wahyu adalah Hindu, Budha, Confusionisme.

2). Misionaris dan Non-misionaris

Agama misionaris adalah agama yang ajarannya mengharuskan penganutnya menyebarkan kepada seluruh manusia. Agama yang tergolong misionaris hanya Islam. Akan tetapi pada perkembangan berikutnya, Kristen dan Budha menjadi agama misionaris.

Agama non-misionaris adalah agama yang ajarannya tidak mengharuskan penganutnya menyebarkan kepada seluruh manusia.

3). Rasial dan Universal

Ditinjau dari segi rasial dan geografis agama di dunia terbagi menjadi tiga golongan : semitik, arya, dan mongolia. Yang termasuk agama simitik adalah Yahudi, Kristen, Dan Islam. Sedangkan yang tergolong arya adalah Hindu, Jainisme, Sikhiisme, Zoaterianisme. Sedangkan yang tergolong mongolian adalah Confusionisme, Taoisme, dan Shintoisme.


5. agama islam dapat diterima oleh masyarakat indonesia dikarenakan sebagai berikut, kecuali a. disebabkan dengan cara dakwah b. tidak dengan cara kekerasan c. tidak ada klasifikasi di masyarakat d. selalu disesuaikan dengan kondisi masyarakat e. selalu disesuaikan dengan golongan kasta yang telah lama ada


Jawaban:

d.selalu disesuaikan dengan kondisi masyarakat

Penjelasan:

klo nggk salah y


6. Teks : Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri atas tuding dan gapit.Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.Selanjutnya, jenis wayang yang lain adalah wayang golek yang mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Selain wayang golek Sunda, wayang yang terbuat dari kayu adalah wayang menak atau sering juga disebut wayang golek menak karena cirinya mirip dengan wayang golek. Wayang tersebut kali pertama dikenalkan di Kudus. Selain golek, wayang yang berbahan dasar kayu adalah wayang klithik. Wayang klithik berbeda dengan golek. Wayang tersebut berbentuk pipih seperti wayang kulit. Akan tetapi, cerita yang diangkat adalah cerita Panji dan Damarwulan.Wayang lain yang terbuat dari kayu adalah wayang papak atau cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, dan wayang ajen. Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Jenis wayang ini disebut suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai fgur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.Dalam versi lebih modern, terdapat wayang motekar atau wayang plastic berwarna. Wayang motekar adalah sejenis pertunjukan teater bayang-bayang atau serupa wayang kulit. Namun, jika wayang kulit memiliki bayangan yang berwarna hitam saja, wayang motekar menggunakan teknik terbaru hingga bayang-bayangnya bisa tampil dengan warna-warni penuh. Wayang tersebut menggunakan bahan plastik berwarna, sistem pencahayaan teater modern, dan layar khusus.Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.soalnya : Ringkaslah teks laporan hasil observasi yang berjudul wayang dengan pengklasifikasiannya berdasarkan bahan pembuatan wayang! tlong di bantu kk untuk sekarang....​


Jawaban:

yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003

Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat.

disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing.

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa

pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa.

Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia.

MAAF KL SALAH


7. 1. Perhatikan tabel di bawah ini !NO. Klasifikasi Pondok1. Salaf - Khalaf2. Hafidz al-Qur’an – Qira’ah al Kutub3. Klasik - Modern4. Asrama – Boarding schoolKlasifikasi Pondok pesantren berdasarkan materi yang diajarakan, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….A. 1B. 2C. 3D. 42. Nilai-nilai positif yang dapat kita rasakan dari pembelajaran yang dikembangkan di Pondok pesantren salah satunya adalah learning to live together, yaitu ....A. Belajar untuk menjadiB. Belajar untuk melakukanC. Belajar untuk diri sendiriD. Belajar untuk hidup bersama orang lain3. Pernyataan di bawah ini merupakan salah satu Peran pondok pesantren dalam dakwahIslam di Indonesia ....A. Ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsaB. Ikut berpartisipasi dalam membangun tempat tinggal santriC. Ikut berpartisipasi dalam mensejahterakan rakyatD. Ikut membangung dalam bidang perekonomian4. Pelajaran yang dapat kita petik dari keberhasilan para santri yang berguna bagi nusa dan bangsa adalah ....A. sikap berani dan gigih dalam menuntut ilmuB. sikap praktis dalam menuntut ilmuC. sikap berani mati jihad fisabilillahD. Sikap ujub dan riya5. Perhatikan tabel di bawah ini !NO. komponen1. Masjid, asrama, Kiai, santri, kitab kuning2. Masjid, asrama, Ustadz, santri, kitab pegon3. Kiai, santri, masjid, asrama, kitab kuning4. Kiai, badal, santri, asrama dan kitab pegonKomponen utama pada Pondok pesantren salaf, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….A. 1B. 2C. 3D. 46. Pendidikan pesantren mempunyai peranan yang sangat besar dalam dakwah Islam di Indonesia. Kesesuai lokasi dan nama pesantren yang sesuai pada tabel di bawah ini adalah .…Pilihan Nama Pesantren Tempat/LokasiA. Tebuireng Jawa timurB. Ploso jogjakartaC. Buntet Jawa BaratD. Tremas Madura7. Kitab kuning merupakan ciri sebuah pondok pesantren salaf di Jawa. Metode dalam menterjemahkan kitab kuning terkesan unik, banyak disoroti oleh kalangan di luar pesantren, yaitu ….A. metode bandonganB. metode soroganC. metode utawi iki-ikuD. metode klasikal8. Pondok pesantren mempunyai demensi yang akan terus melekat dan menjadi nilai lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu .…A. dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan pendidikanB. dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan keagamaanC. dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kulturanD. dimensi pendidikan terintegrasi dengan sosial politik9. Kitab kuning merupakan materi utama dalam pendidikan pesantren. Selain itu ada istilah kitab pegon yaitu .…A. kitab terjemah bahasa indonesiaB. kitab terjemah arab dengan aksara jawaC. kitab terjemah jawa dengan huruf hijaiyahD. kitab terjemah jawa dengan huruf latintolong jawab ya jangan ngasal,ngasal di laporin​


A. 1D. Belajar untuk hidup bersama orang lainA. Ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa  A. sikap berani dan gigih dalam menuntut ilmuA. 1A. Tebuireng Jawa timurB. metode soroganC. dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kulturalC. kitab terjemah jawa dengan huruf hijaiyahPembahasanTipe - tipe pesantren dibagi menjadi 3, yaitu salaf, khalaf, dan kombinasi. Maka jawaban yang paling tepat adalah A.Belajar di Pondok pesantren membawa nilai - nilai positif salah satunya learning to live together yang artinya belajar untuk hidup bersama orang lain. Maka jawaban yang paling tepat adalah D.Salah satu peran pondok pesantren adalah  ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka jawaban yang paling tepat adalah C.Para santri yang berhasil menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa menjadi pelajaran bagi kita untuk berani dan gigih dalam menuntut ilmu. Maka jawaban yang paling tepat adalah A.Komponen utama pada pondok pesantn salaf adalah masjid, asrama, Kiai, santri, kitab kuning. Maka jawaban yang paling tepat  adalah A. Pondok pesantren Tebuireng berada di Jombang, Jawa Timur. Pondok pesantren Ploso berada di Kediri. Pondok pesantren Buntet berada di Cirebon, Jawa Barat. Pondok pesantren Tremas berada di Pacitan, Jawa Timur. Maka jawaban yang paling tepat adalah A.Empat metode menerjmahkan kitab kuning adalah sorogan, balagan, talaran, dan shorof. Maka jawaban yang paling tepat adalah B.Pondok pesantren mempunyai demensi yang akan terus melekat dan menjadi nilai  lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kulturan. Maka jawaban yang paling tepat adalah C.Kitab pegon adalah kitab terjmah jawa dengan huruf arab. Maka jawaban yang paling tepat adalah C. Pelajari lebih lanjutMateri tentang kitab pegon https://brainly.co.id/tugas/41711671Materi tentang Tujuan pondok pesantren https://brainly.co.id/tugas/17856139Materi tentang pendidikan agama Islam https://brainly.co.id/tugas/2040131--------------------------------Detil jawaban

Kelas: Umum

Mapel: Umum

Bab: Ujian di Pondok Pesantren

Kode: -

#TingkatkanPrestasimu


8. BENAR-SALAHJAWABLAH PERTANYAAN INI DENGAN PERNYATAAN BENAR ATAU SALAH !Suatu pandangan yang menganggap bahwa suku bangsanya sendiri lebih unggul dibandingkan dengan suku yang lainnya merupakan sikap etnosentrisme *BenarSalahTerciptanya integritas nasional merupakan salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari keberagaman masyarakat Indonesia *BenarSalahPemerintah menetapkan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghuchu sebagai agama resmi penduduk di Indonesia. *BenarSalahSistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari pihak ibu, kedudukan perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki merupakan sistem kekerabatan matrilineal *BenarSalahMunculnya sikap primordialisme merupakan salah satu dampak positif dari adanya keberagaman masyarakat Indonesia *BenarSalahAdat istiadat berupa tata kelakuan yang relatif turun-temurun dari generasi ke generasi sebagai warisan nenek moyang *BenarSalahSistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari kedua belah pihak (ayah dan ibu), kedudukan laki-laki dan perempuan sama merupakan sistem kekerabatan patrilineal *BenarSalahDalam kehidupan masyarakat , keberagaman sepenuhnya menjadi sebuah kekuatan, dan tidak dapat menjadi pemicu terjadinya perselisihan dalam masyarakat *BenarSalahPersebaran yang luas menjadikan suku bangsa di Indonesia memiliki ciri dan karakter tersendiri yang berbeda antara suku bangsa yang satu dengan yang lainnya *BenarSalahMr. Van Vollenhoven mengungkapkan tentang sistem lingkaran hukum adat (adat rechtskringen) yang mengklasifikasikan dari sekian ratus adat di Indonesia menjadi 18 lingkaran hukum adat atau suku bangsa *BenarSalah​


Jawaban:

Semua benar

Penjelasan:


9. Berikut ini merupakan klasifikasi struktur masyarakat secara horizontal, kecuali…. * A. Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Kong Hu Cu B. Suku, agama, ras, budaya, antar golongsn C. Kaya dan miskin D. Jawa, Papua, Madura


Jawaban:

c. kaya dan miskin

Penjelasan:

kaya dan miskin bukan merupakan klasifikasi struktur masyarakat secara horizontal


10. Indikator Pencapaian Kompetensi• Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.• Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.• Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.• Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.• Mendiskusikan tentang pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.• Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk serta upaya-upaya mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi.• Mendesripsikan angka kelahiran dan angka kematian, serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.• Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.• Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia• Mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas penduduk, faktor penyebab, dampak positif dan negatif serta upaya penanggulangannya.• Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.• Mendeskripsikan kualitas penduduk dan upaya mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia.• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.• Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.• Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.• Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.• Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.• Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas). • Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.Mengidentifikasi kebijakan-kebijaka pemerintah kolonial Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerahMendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerahMengidentifikasi daerah –daerah persebaran agama KristianiMenjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial , perkembangan pendidikan Barat ,dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme IndonesiaMendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia Mendiskripsikan perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan , keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme IndonesiaMendiskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan IndonesiaMengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial,Mengidentifikasi upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaanMengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan Mengidetifikasi cara memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhanMendeskripsikan pengertian, macam-macam, dan faktor-faktor yang menentukan kebutuhanMengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragamMenjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnyaMengidentifikas arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhanMenggolongkan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian IndonesiaMengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi ) Mengidentifikasi cara mendirikan dan mengelola BUMSMengidentifikasi tentang pokok-pokok perkoperasian di Indonesia (pengertian, landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip dll. )Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi. Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasarMengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya Mendemonstrasikan /simulasi kegiatan jual beli di suatu pasar


• indonesia terletak diantara benua asia dan benua australia dan diantara samudera hindia dan samudera pasifik

11. 0.perl kut!-bagaihalasaangnia.Jun,kanulahlamdanSuku ini memiliki kepercayaan yang dikenal SundaWiwitan (Sunda: berasal dari suku sunda, wiwitan: asli)Kepercayaan ini memuja arwah neneknenek moyang(animisme) yang pada selanjutnya kepercayaan inerek:mendapat pengaruh dari Buddha dan Hindu. Kepercayaansuku ini merupakan refleksi kepercayaan masyarakaSunda sebelum masuk agama Islam.Pernyataan tersebut merupakan struktur laporan hasilobservasi yaitu....a. Pernyataan umum d. Interprestasib. Klasifikasie. Deskripsi manfaatd.Deskripsi bagian9. Berikut ini contoh kalimat kompleks koordinatif,yaitu....​


maaf itu soalnyamaksudnyagimana ya


12. wayang Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor yang berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Para Wali Sanga, penyebar agama Islam di Jawa, sudah membagi wayang menjadi tiga, yaitu wayang kulit di Jawa Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong adalah wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Wayang kulit dilihat dari umur dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam-macam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua, adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti 'awal'. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari atas tuding dan gapit. Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti 'orang') adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur. 1. Menurut strukturnya, paragraf pertama teks laporan hasil observasi tersebut berisi pernyataan umum atau klasifikasi tentang.... a. UNESCO sebagai lembaga yang menetapkan wayang b. UNESCO sebagai lembaga kebudayaan c. Wayang sebagai seni pertunjukan d. Wayang sebagai warisan mahakarya e. Wayang sebagai warisan dalam seni tutur​


Jawaban:

b.UNESCO SEBAGAI LEMBAGA kebudayaan

Penjelasan:

karena berisi pernyataan umum tentang wayang

Maaf kalo salah

Jawaban:

1.b. UNESCO sebagai lembaga kebudayaan

Penjelasan:

Semoga membantu


13. masuknya Islam ke Andalusia bukan sebagai penjajahan militer,tetapi sebagai futuh islami berperadapan yang pengaruhnya menyebar sampai ke?​1LIHAT JAWABANMasuk untuk menambahkan komentarIklanJawaban3,8/539fatyuTerpelajar89 jawaban22.9 rb orang terbantuMasuknya Islam ke Andalusia atau berkuasa di indonesia setelaha Raja Gothia meninggal pada 710 M dan digantikan oleh Roderick. Pada masa Pemerintahan Roderick masyarakat merasa bahwa pemerintahan ini bersifat diktator. Hal ini menyebabkan banyak dari keluarga kerajaan meminta bantuan kepada pihak luar yaitu Musa bin Nushair. Musa bin Nushair merupakan seorang beragama Islam dan pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Afrika di bawah Khalifah Walid bin Abdul Malik. Dari kerja sama tersebut dan meminta ijin pada Khalifah Walid bin Abdul Malik, Musa bin Nushair memimpin tim ekspedisi dengan jumlah pasukan diperkirakan 7000 untuk menyerang Andalusia. Dengan bantuan dari Thariq bin Ziyad yang dimintai tolong Graff Yulian mereka berhasil menguasai Andalusia pada 711 M. Pada saat itu jugalah Andalusia menjadi wilayah menyebarnya agama Islam di Eropa.PembahasanAndalusia merupakan adalah sebuah wilayah yang berada di Spanyol. Andalusia sendiri adalah sebutan bagi bangsa Vandal yang menetap di wilayah tersebut. Dalam sejarahnya, Andalusia merupakan salah satu kunci penyebaran agama Islam Eropa. Sebelum agama Islam menyebar, Andalusia merupakan kekuasaan dari Vandal sampai pada abad ke 2 M hingga 5 M. Hal ini dikarenakan pada saat itu Kekaisaran Romawi berhasil menguasai Andalusia, namun pada abad ke 5 M bangsa Vandal berhasil merebut kembali Andalusia. Bangsa Vandal mendirikan Kerajaan Gothia sampai Kerajaan Ottoman menyerang dan berkuasa di Andalusia. Pada saat Kerajaan Ottoman jatuh, Andalusia kembali ke bangsa Eropa dan Bangsa Eropa menghapuskan jejak-jejak Islam di Andalusia.Moga membantu!!acobdarfq dan 51 orang menganggap jawaban ini membantuTERIMA KASIH 393,8(12 pilih)1makasih kakMasuk untuk menambahkan komentarSedang mencari solusi jawaban Sejarah beserta langkah-langkahnya?Pilih kelas untuk menemukan buku sekolahKelas 6Kelas 7Kelas 8Kelas 9Kelas 10Kelas 11Kelas 12IklanAda pertanyaan lain?CARI JAWABAN LAINNYATANYAKAN PERTANYAANMUPertanyaan baru di SejarahApakah ada model penyelesaian sengketa pada masa Romawi?berikan tanggapan mu tentang tindakan heroik di Banda Aceh dan Kalimantanmohon bantuannya​Bagaimana keadaan sosial-politik kerajaan-kerajaan di Nusantara pada saat masuknya Islam ke Nusantara?  ​people power di Filipina menyebabkan lengsernya​mengonsumsi barang yang sudah kadaluarsa hukum nya?​jelaskan sistem pendidikan pada zaman Belanda dengan sistem teman sebaya! serta berikan contohnya!bantu yaa​Jelaskan proses terbentuknya jaringan Nusantara!Dalam hadis disebutkan bahwa menjalankan salat wajib lima waktu merupakan....agama​buktikan 2 wujud nasionalisme pada masa reformasitolong bantuannya kak besok dikumpulin​Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 1. Ceritakan perkembangan Ilmu tasawuf pada masa pemerintahan daulah bani Umaiyah! 2. Klasifikasikan ilmuw …SebelumnyaBerikutnyamboh​


Penjelasan:

Masuknya Islam ke Andalusia atau berkuasa di indonesia setelaha Raja Gothia meninggal pada 710 M dan digantikan oleh Roderick. Pada masa Pemerintahan Roderick masyarakat merasa bahwa pemerintahan ini bersifat diktator. Hal ini menyebabkan banyak dari keluarga kerajaan meminta bantuan kepada pihak luar yaitu Musa bin Nushair. Musa bin Nushair merupakan seorang beragama Islam dan pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Afrika di bawah Khalifah Walid bin Abdul Malik. Dari kerja sama tersebut dan meminta ijin pada Khalifah Walid bin Abdul Malik, Musa bin Nushair memimpin tim ekspedisi dengan jumlah pasukan diperkirakan 7000 untuk menyerang Andalusia. Dengan bantuan dari Thariq bin Ziyad yang dimintai tolong Graff Yulian mereka berhasil menguasai Andalusia pada 711 M. Pada saat itu jugalah Andalusia menjadi wilayah menyebarnya agama Islam di Eropa.

Pembahasan

Andalusia merupakan adalah sebuah wilayah yang berada di Spanyol. Andalusia sendiri adalah sebutan bagi bangsa Vandal yang menetap di wilayah tersebut. Dalam sejarahnya, Andalusia merupakan salah satu kunci penyebaran agama Islam Eropa. Sebelum agama Islam menyebar, Andalusia merupakan kekuasaan dari Vandal sampai pada abad ke 2 M hingga 5 M. Hal ini dikarenakan pada saat itu Kekaisaran Romawi berhasil menguasai Andalusia, namun pada abad ke 5 M bangsa Vandal berhasil merebut kembali Andalusia. Bangsa Vandal mendirikan Kerajaan Gothia sampai Kerajaan Ottoman menyerang dan berkuasa di Andalusia. Pada saat Kerajaan Ottoman jatuh, Andalusia kembali ke bangsa Eropa dan Bangsa Eropa menghapuskan jejak-jejak Islam di Andalusia.


14. ayo dong guys bantu aku nyelesaikan tugas ku :( :) klo ada yg tau jwbnnya, buruan yha kasih pendapat mu dikolom komentar ini ! 4. menyebutkan terbentuk nya tanah vulkanik 5. mengklasifikasi jrnis danau berdasarkan proses pembentukan 7menyebutkan pengertian kegiatan ekonomi 8. bedakan antara perbedaan produsen,distributor, dan komsumen 9. sebutkan macam macam kegiatan ekonomi 10. mengklasifikasi faktor faktor produksi 11. menyebutkan jenis tanaman yg diusahakan pd pertanian 12.membedakan jenis2 perkebunan 13. sebutkan komponen2 lingkungan 14. sebutkan cara interaksi manusia dan kelompok 16. memberikan cth lingkungan biotik 17. sebutkan langkah2 konkrit dlm menanggulangi mslah lingkungan hidup menurut BN.MARBUN 18. menyebutkan cth lingkungan budaya 19. menyebutkan gagasan kreatif ekonomis pd bidang pariwisata 20. menyebutkan upaya yg dilakukan manusia utk melestarikan lingkungan hidup 21. memberikan cth unsur budaya sbg komponen buatan 22. mengidentifikasi utk kerukasan lingkungan akibat aktivitas manusia dlm memenuhi kebutuhan secara berlebihan 23. menyebutkan cara menjaga afar udara ttp bersih 25. sabutkan dampak pertumbuhan penduduk yg pesat terhadap kegiatan ekonomi masyarakat 27. memberikan cth sugesti 28. membedakan antara kontak sosial individu yg kelompok antara kelompok dg kelompok 29. bedakan ciri masyarakat tradisional dg masyarakat modern 30. sebutkan cth budaya asing yg positif 31. mendefinisikan kebudayaan 32. memberikan contoh kebudayaan 33. sebutkan jenis pakaian adat dari daerah jateng 36. sebutkan senjata tradisional dari daerah aceh 37. sebutkan faktor yg mempengaruhi keragaman sosial budaya 39. tempat ditemukannya kapak persegi 41. menyebutkan cth bangunan megalitik 40. membedakan antara nekara dan moko 42.menyebutkan hasil kebudayaan agama hindu berupa candi 43. menyebutkan cara penyebaran ISLAM ke Indonesia tlong bantu aku ksh jawaban utk tugas ku dong... kata guru ku minimal jawab 20 soal.. nah yg segitu bakal dapet hukuman. pliss dong guys bantu aku.. biar aku lolos dari hukuman guru ku... plisss yha... buat besok Tugas nya SUDAH HARUS DIKUMPULKAN :( aku aja blm ketemu semua jawabannya :( pliss bantu yaa.. makasih ya yg udh mau bantuin aku :) #salam kenal guyss


4. batuan yg terbntuk pada saat laetsan gunung berapi dan membeku di permukaan bumi

2 ketaatan pada ajaran agama islam

3. praktek ritual mencari kekayaan
maaf kalau salah

Video Terkait


Posting Komentar

0 Komentar