Bak Fiberglass Terbuat Dari


Bak Fiberglass Terbuat Dari

Bak fiberglass adalah bak terbuat dari..... A.plastik. B.kayu. C.beton D.serat fiber E.semen

Daftar Isi

1. Bak fiberglass adalah bak terbuat dari..... A.plastik. B.kayu. C.beton D.serat fiber E.semen


d. serat fiber karena fiberglass adalah bahan yang lentur terhadap banting

2. APA MANFAAT DARI BAK FIBERGLASS?


untuk memelihara ikan koi.

Untuk memelihara berbagai jenis ikan contoh ikan koi

3. Campuran fiberglass yang membuat fiberglass dapat cepat mengeras adalah


Jawaban:

Campuran fiberglass yang membuat fiberglass dapat cepat mengeras adalah erosil

Jawaban:

Campuran fiberglass yang membuat fiberglass dapat cepat mengeras adalah Resin

Penjelasan:

Resin adalah bahan kimia yang merupakan bahan baku untuk campuran membuat fiberglass yang berupa cairan kental seperti lem. Resin berfungsi untuk mengeraskan material fiberglass dan tercetak sesuai molding atau cetakan yang diinginkan.

Semoga membantu


4. Pada dasarnya kerajinan fiberglass membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Yang bukan merupakan campuran fiberglass yaitu


Jawaban:

plestisine

Penjelasan:


5. 14. Bak fiberglass terbuat dari .... a. plastik b. kayu c. beton d. serat fiber e, semen ​


Jawaban:

Bak fiberglass terbuat dari ....

d. serat fiber

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU, follow


6. langkah langkah membuat fiberglass


PROSES PEMBUATAN FIBERGLASS

Proses pembuatan Fiberglass diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) tahapan, yaitu :
(a) mencampur 6 (enam) bahan utama menjadi bahan dasaran;
(b) membuat campuran penguat; dan
(c) finishing atau penyempurnaan.

Agar dapat dihasilkan kualitas Fiberglass yang kuat,campuran bahan untuk master cetakan harus lebih tebal dari pada Fiberglass hasil, yaitu sekitar 2-3 mm atau dilakukan 3-4 kali pelapisan. Sebagai gambaran misalnya akan membuat sebuah komponen bodi kendaraan.

Proses membuat campurannya adalah sebagai berikut :

Resin sejumlah 1,5 — 2 liter dicampur dengan talk dan diaduk rata. Apabila campuran yang terjadi terlalu kental maka perlu ditambahkan katalis. Penggunaan katalis harus sesuai dengan perbandingan 1 : 1/40. Oleh karena itu apabila resinnya 2 liter, maka katalisnya 50 cc.
Selanjutnya ditambahkan erosil antara 400 — 500 gram pada campuran tersebut dan ditambahkan pula pigmen atau zat pewarna.
Apabila semua campuran tersebut diaduk masih terlalu kental, maka perlu ditambahkan katalis dan apabila campurannya terialu encer dapat ditambahkan aseton. Pemberian banyak sedikitnya katalis akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pengeringan. Pada cuaca yang dingin akan dibutuhkan katalis yang lebih banyak.
Setelah campuran bahan dasar dibuat, langkah berikutnya adalah memoles permukaan cetakan dengan mirror (sebagai pelicin dan pengkilap) dan dilakukan memutar sampai lapisannya benar-benar merata.
Agar didapatkan hasil yang lebih baik, perlu ditunggu beberapa menit sampai pelicin tersebut menjadi kering.Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.
Apabila mirror sudah terserap, permukaan cetakan dapat dilap dengan menggunakan kain bersih hingga mengkilap.
Selanjutnya permukaan cetakan dioleskan PVA untuk menjaga agar permukaan cetakan tidak lengket dengan Fiberglass hasil.
Langkah berikutnya adalah mengoleskan permukaan cetakan dengan adonan/campuran dasar sampai merata, dan ditunggu sampai setengah kering.
Selanjutnya di atas campuran yang telah dioleskan dapat diberi selembar mat sesuai dengan kebutuhan, dan dilapisi lagi dengan adonan dasar. Untuk menghindari adanya gelembung udara, pengolesan adonan dasar dilakukan sambil ditekan, sebab gelembung akan mengakibatkan Fiberglass mudah keropos. Jumlah pelapisan adonan dasar disesuaikan dengan keperluan, makin tebal lapisan maka akan makin kuat daya tahannya. Selain itu sebagai penguat dapat ditambahkan tulangan besi atau tripleks, terutama untuk bagian yang lebar. Tujuannya adalah agar hasilnya tidak mengalami kebengkokan.
Apabila diperlukan, dilakukan pengerolan menyesuaikan alur-alur atau lekukan-lekukan yang ada di cetakan.
Untuk mempercepat proses pengeringan, dapat dijemur di terik matahari.Pelepasan Fiberglass hasil dilakukan apabila lapisan adonan tersebut sudah kering dan mengeras, sebab apabila dilepas sebelum kering dapat terjadi penyusutan.Pada langkah finishing, dilakukan pengamplasan permukaan Fiberglass, pendempulan, dan pengecatan sesuai denganwarna yang diinginkan.
#maaf ya kalau kepanjang soalnya ini langkah yg lengkap


7. Proses pembuatan kerajinan fiberglass


Jawaban:

bahan:

-resin

-katalis

-matt fiber

-cat

-silikon resin (sbg alat cetak)

alat:

-mangkuk

-sendok

-cetakan silokon

-gunting

cara membuat:

1. resin + katalis dicampur dengan perbanding 20 : 1

2. cairan resin katalis siap dimasukkan ke dalam catakan silikon

3. tunggu hingga kering, lalu fibberglass dilepas dari cetakan silikon

smoga benar!

jadikan yang terbaik!


8. kelemahan kerajinan yang terbuat dari fiberglass


bahanya gampang pecah

9. Apakah fiberglass itu? coba berikan contoh benda / produk kerajinan yang terbuat dari fiberglass !jawaban anda​


Jawaban:

fiberglass (serat kaca) adalah kaca cair yang ditarik m3njadi serat tipis dengan garis

Penjelasan:

jadikan yang tercerdas

Jawaban:

1.gantungan kunci

2.asbak

3.miniatur hewan

4.miniatur kapal

5.piala

6.bros

7.pot

8.miniatur pesawat

9.hiasan lemari es

10.patung


10. Langkah langkah pembuatan kerajinan fiberglass adalah...a). Membuat model, membuat cetakan, membuat objek dengan fiberglassb). Membuat objek dengan fiberglass, membuat model, membuat cetakanc). Membuat model, membuat objek dengan fiberglass, membuat cetakand). Membuat cetakan, membuat model, membuat objek dengan fiberglass


B) membuat objek dengan fiberglas,membuat model,membuat cetakan

11. FUNGSI KATALIS DALAM PEMBUATAN FIBERGLASS ADALAH?


Katalis adalah suatu zat yang berfungsi untuk mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu. Katalis dalam pembuatan fiberglass berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan polimerasi resin.

Penjelasan:

Katalis dibedakan menjadi dua golongan yaitu :Katalis homogen, adalah katalis yang bercampur dengan zat pereaksinya karena memiliki wujud yang sama.Katalis heterogen, adalah katalis yang tidak dapat bercampur dengan pereaksinya karena wujudnya berbeda.Bahan Fiberglass untuk kerajinan fiber terbuat dari beberapa bahan kimia diantaranya yaitu :Resin, adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat fiberglass.Katalis, yaitu cairan yang digunakan sebagai bahan campuran resin  untuk mempercepat proses pengerasan resin.Serat kaca, yaitu berfungsi sebagai penguat dalam pembentukan risen menjadi berbagai bentuk yang diinginkanBahan tambahan, misalnya pigmen warna, bubuk mutiara, cobalt, soda api untuk membuat serat fiberAlat-alat yang digunakan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah :Wadah untuk membuat adonan resinAlat pengaduk yang terbuat dari kayu atau logamAlat cetakanAlat tambahan, seperti amplas dan gerinda sebagai penghalusBeberapa contoh kerajinan fiberglass yaitu gantungan kunci, plakat, kerangka kendaraan, patung dan berbagai bentuk souvenir

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang fungsi katalis : brainly.co.id/tugas/4711062Materi tentang bahan pembuat fiberglass : brainly.co.id/tugas/1115706

Detil Jawaban

Kelas : XII (SMA)

Mapel : Kimia

Bab : Kimia unsur

Kode : 12.7.3

Kata kunci : Fiberglass, Katalis


12. membutuhkan waktu yang lama, jika sudah dipersiapkan cetakan yang terbuat dari silikon sama dengan untuk cetakan lilin.cetakan silikon dibuat terlebih dahulu agar dibuat lebih cepat untuk hasil yang lebih banyak.hal ini adalaha.bahan pembuatan kerajinan fiberglassb.alat pembuatan kerajinan fiberglassc.peroduk kerajinan fiberglassd.proses pembuatan kerajinan fiberglass


D. Proses pembuatan kerajinan fiberglass

13. Bagaimana proses pembuatan kerajinan fiberglass?


Jawaban:

bahan:

-resin

-katalis

-matt fiber

-cat

-silikon resin (sbg alat cetak)

alat:

-mangkuk

-sendok

-cetakan silokon

-gunting

cara membuat:

1. resin + katalis dicampur dengan perbanding 20:1

2. cairan resin katalis siap dimasukkan ke dalam catakan silikon

3. tunggu hingga kering, lalu fibberglass dilepas dari cetakan silikon

Penjelasan:

Semoga membantu

14. bagaimana cara membuat fiberglass​


Jawaban:

semoga membantu ya

bahan fiberglass yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan:

1. Resin

2. katalis

3. material isian

4. serat kaca

5. pragmen warna

peralatanmembuatfiberglas

● alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah tempat pada yang akan digunakan sebagai penampung dan membuat adonan resin untuk menghasilkan adonan yang baik

● alat pengaduk bahan bahan campuran, gunakan alat pengaduk dari bahan yang keras

● alat cetakan

●amplas

Penjelasan:

Langkah pertama sebelum membuat kerajinan fiberglass adalah menyiapkan terlebih dahulu cetakan fiberglass yang akan kita gunakan sebagai bentuk dasar. Jika masih bingung untuk mencari cetakan, anda bisa cari cara membuat cetakan fiberglass sendiri, atau beli yang sudah jadi biasanya ada bisa beli di toko online.

Jika sudah ada cetakanya, terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembuatan patung atau produk fiber yang akan kalian buat nantinya. Bersihkan terlebih dulu cetakan fiberglass yang akan kalian gunakan, jangan sampai ada kotoran yang menempel pada permukaan cetakan, agar nanti hasil kerajinan fiberglass, dapat menghasilkan hasil yang memuaskan, tanpa ada serat fiber yang menempel pada kotoran.

Buatlah adonan kerajinan resin dengan bahan-bahan diatas seperti bahan isian, katalis dengan takaran yang sesuai dengan kerajinan fiberglass yang akan kalian buat.

Setelah semua telah kalian siapkan baik adonan dan tempat adonan, maka anda bisa memulai menuangkan adonan ke dalam cetakan. Pastikan semua permukaan sebelum menuangkan telah terisi dengan penuh oleh adonan.

Agar nantinya dapat menghasilkan adonan yang kuat, Maka anda juga bisa menggunakan anyaman atau serat fiber dari kaca atau fiberglass mat.

Setelah selesai, baru kalian keluarkan produk resin yang sudah mengeras dan kering dari cetakan, kemudian siapkan ember lalu isi ember tersebut mengguanakan air deterjen, setelah selesai kemudian masukan produk resin kedalam ember yang telah berisi air deterjen. Jika tidak ada deterjen anda bisa mengguanakan soda api sebagai bahan campuran air di ember nantinya, rendamlah selama kurang lebih 30 menit. apabila sudah anda rendam selama 30 menit baru, bisa kalian ambil.

Ketika ingin menghilangkan kotoran yang menempel karena cetakan dan agar permukaan dapat halus. Anda bisa menggunakan amplas untuk mengluskanya, lakukan 3 sampai 4 tahapan dalam proses pengamplasan sesuai dengan kebutuhan.

Pemberian warna produk resinm bisa kita lakukan dengan dua cara salah satunya kita bisa menambahkan pigmen warna saat membuat adonan, dan cara kedua anda bisa cat ketika sudah finishing.

Untuk tahapan finishing terakhir, anda bisa menggunakan warna cat yang kalian inginkan, jika anda menginginkan kerajinan fiberglass terlihat bagus dan natural anda bisa cukup mengelapnya saja.


15. bahan pembuatan fiberglass​


Jawaban:

plastisin

Penjelasan:

smg betul


16. bahan membuat kerajinan fiberglass


Serat kaya dapat di buat menjadi gelas, piring dan yang lainnya yang berhubungan dengan kaca. Semoga membantu :)
Resine blue / bening
Catalis Oil
maaf kalau gak Salah !!!

17. Berikut yang bukan bahan pembuatan fiberglass yaitu??​


Jawaban:

pasir batu kayu kain sutra tanah


18. Teknik pembuatan fiberglass adalah


- Katalis : Cair, berwarna bening, baunya sgt menyengat, sering disebut jg hardener, berfungsi sbg pengering saat dicampur resin. penggunaan katalis 1% dr resin dalam kondisi dingin. klo cuaca panas cukup 0.8% dr resin.

- Pigmen/Pewarna : Berbentuk kental atau pasta. manfaatnya untuk memberi warna atau sebagai perwarnaan dasar dr adonan fiberm sehingga saat finishing dan pengecatan, fiber tidak memerlukan banyak cat. tersedia dlm berbagai warna. pigmen dicampur pada resin dengan komposisi sesuai kebutuhan : dibuat pekat atau hanya samar-samar.

- Resin : wujudnya cairan kental seperti oli berwarna putih kekuning0kuningan atau pink, berbau sangat menyengat. resin berguna sebagai bahan dasar fiber atau campuran perekat. zat ini diadon bareng katalis, tapi komposisinya lebih banyak drpd katalis.

- Talc/Powder : berbentuk bubuk seperti bedak atau tepung berwarna putih. lazimnya difungsikan sbg dempul atau campuran adonan fiber, bahan ini dipakai untuk membantu proese produksi fiber agar tidak terlalu banyak memakai resin. intinya, bubuk ini digabung dengan resin dengan komposisi tertentu. umumnya talk juga diisebut kalsium karbonat.

- Fumed silica : berwujud bubuk bening sangat halus spt kapas, berguna sbg campuran resin untuk membuat permukaan fiber lebih keras, terutama saat membuat master cetakan. ada beberapa merk sprt Hdk.

- Matt : Bentuknya anyaman benang-benang halus berwarna putih. berguna sbg bahan pembentuk fiber dan mengikat zat kimia adonan.

- Roving/Matt : ini juga material pengikat. sekaligus penguat fiber. bentuknya juga anyaman seperti matt, hanya lebih kasar seperti karung. ada ukuran 200, 400,600,800

- Cobalt : Berupa zat cair bening yang memiliki aroma menyengat. kegunaannya mirip katalis, tp untuk mempercepat pengeringan. cobalt akan bereaksi panas klo kena katalis. makanya resin yang sudah ada cobaltnya klo kena katalis akan panas. pakenya 0,1 - 0,2 persen dr resin.

- Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat,spt compound dan dimanfaatkan sbg pelapis antara bidang mal atau cetakan dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling menempel.

- PVA : Mirip mirror glaze. bahan ini juga berfungsi sbg pelapis antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. penggunaanya bs digabung dengan mirror atau mengganti fungsi mirror.teknik pembuatannya itu mengginakan teknik cetak















19. jelaskan proses pembuatan kerajinan fiberglass dan contoh produk kerajinan fiberglass​


Jawaban:

bahan:

-resin

-katalis

-matt fiber

-cat

-silikon resin (sbg alat cetak)

alat:

-mangkuk

-sendok

-cetakan silokon

-gunting

cara membuat:

1. resin + katalis dicampur dengan perbanding 20 : 1

2. cairan resin katalis siap dimasukkan ke dalam catakan silikon

3. tunggu hingga kering, lalu fibberglass dilepas dari cetakan silikon


20. kerajinan fiberglass dibuat dengan cara​


Jawaban:

B. dicor

Penjelasan:

semoga bermanfaat, maaf kalo salah, karena manusia banyak hilaf nya

Jawaban:

Bahan Dan Alat Membuat Fiberglass

Bahan

a. Resine blue / bening

b. Catalis Oil

Alat

1. Cetakkan bisa terbuat dari kaca, plastik, besi/seng, dan lain-lain.

2. Kapas.

3. Minyak goreng.

4. Aneka pernik untuk hiasan berupa foto, koin, pernak pernik, hewan yang diawetkan

5. Tempat adukan dari plastik/kaca/seng.

NB: Bahan bahan untuk membuat kerajinan fiberglass seperti catalis oil dan resine bisa Anda dapatkan ditoko bahan bahan kimia terdekat.

*Cara Membuat Fiberglass*

Siapkan terlebih dahulu alat cetak, lalu olesi permukaannya dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dalam minyak goreng.

Kemudian Campurlah kedua bahan (No. 1 dan No. 2) sampai merata dengan perbandingan 10:1.

Selanjutnya masukkan pernik-pernik untuk hiasan (bisa foto, bunga, hewan kecil, dan tulisan).

Kemudian diamkan beberapa menit sampai kedua bahan mengeras (biasanya didahului dengan panasnya campurkan kedua bahan).

Setelah beberapa menit dan campuran kedua bahan sudah dingin keluarkan dari cetakan dengan hati-hati.

Anda dapat memperhalus fiberglass dengan digerinda/diamplas lalu dikompon yang halus.

Penjelasan:

Cara Membuat Fiberglass*

1. Siapkan terlebih dahulu alat cetak, lalu olesi permukaannya dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dalam minyak goreng.

2. Kemudian Campurlah kedua bahan (No. 1 dan No. 2) sampai merata dengan perbandingan 10:1.

3. Selanjutnya masukkan pernik-pernik untuk hiasan (bisa foto, bunga, hewan kecil, dan tulisan).

4. Kemudian diamkan beberapa menit sampai kedua bahan mengeras (biasanya didahului dengan panasnya campurkan kedua bahan).

5. Setelah beberapa menit dan campuran kedua bahan sudah dingin keluarkan dari cetakan dengan hati-hati.

6. Anda dapat memperhalus fiberglass dengan digerinda/diamplas lalu dikompon yang halus


Video Terkait


Posting Komentar

0 Komentar