15. Mardikun : “Sudah puasmelempari rel, To?”Suwarto : “Sudah habis kereta, Pak?”Mardikun : “Tinggal sekali, yang terakhir nanti.”Suwarto : “Saya barun tertarik bermain-main dengan batu malam ini.”Mardikun : “saya tidak keberatan kau asyik dengan batu-batu dan rel itu.”Latar tempat yang terdapat pada teks drama tersebut adalah ....a. Dermaga b. Bandarab. Stasiun d. Halte16. Percakapan yang terjadi antar tokoh dalam drama adalah ....a. prolog c. dialogb. epilog d. monolog17. Bacalah kutipan drama berikut!Ishak : “Aku akan tetap mencintaimu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.”Setiawati : “Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula kepadanya. Tapi, apa maksudmu?”Ishak : “Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau juga menunggu aku. Kawin saja dengan orang lain.”Setiawati : (berontak) “Tpi aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang, tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.”Watak Setiawati dalam drama tersebut adalah ....a. lembut b. kerasb. pasrah d. penurut18. Gerak-gerik wajah yang diperlihatkan pemain drama disebut ....a. gestur b. pantomimb. mimik d. anomim 19. Pengertian prolog dalam drama adalah ....a. percakapan dua orangb. percakapan tiga orangc. pengantar naskah dari pengarang tentang apa yang akan disajikand. percakapan sendiri
1. 15. Mardikun : “Sudah puasmelempari rel, To?”Suwarto : “Sudah habis kereta, Pak?”Mardikun : “Tinggal sekali, yang terakhir nanti.”Suwarto : “Saya barun tertarik bermain-main dengan batu malam ini.”Mardikun : “saya tidak keberatan kau asyik dengan batu-batu dan rel itu.”Latar tempat yang terdapat pada teks drama tersebut adalah ....a. Dermaga b. Bandarab. Stasiun d. Halte16. Percakapan yang terjadi antar tokoh dalam drama adalah ....a. prolog c. dialogb. epilog d. monolog17. Bacalah kutipan drama berikut!Ishak : “Aku akan tetap mencintaimu. Tapi, aku tidak dapat berbuat apa-apa.”Setiawati : “Perkara cinta jangan disebut juga. Engkau tahu sendiri, aku cinta pula kepadanya. Tapi, apa maksudmu?”Ishak : “Aku tidak mau mengikuti engkau. Artinya, engkau juga menunggu aku. Kawin saja dengan orang lain.”Setiawati : (berontak) “Tpi aku tidak mau, tidak bisa. Engkau boleh pergi sekarang, tapi lekas kembali. Aku tetap menunggumu.”Watak Setiawati dalam drama tersebut adalah ....a. lembut b. kerasb. pasrah d. penurut18. Gerak-gerik wajah yang diperlihatkan pemain drama disebut ....a. gestur b. pantomimb. mimik d. anomim 19. Pengertian prolog dalam drama adalah ....a. percakapan dua orangb. percakapan tiga orangc. pengantar naskah dari pengarang tentang apa yang akan disajikand. percakapan sendiri
Jawaban:
15.b
16.c
17.b
18.c
19.c
2. 1. istilah lain dari teater gerak 2. teater boneka dari sumatera utara 3. perpindahan pemain dari satu posisi ke posisi yang lain diatas panggung 4. gabungan antara panggung arena dan panggung proscenium 5. panggung yang duduknya melingkar 6. kata lain dari teater boneka 7. memposisikan tubuh dalam kondisi yang rileks tanpa ada tekanan 8. cerita tertulis untuk dipentaskan di panggung,tv,layar lebar,radio 9.pemimpin tertinggi dibidang administrasi 10. orang yang memainkan wayang 11. orang yang menyanyi melantunkan cerita di wayang 12. teater yang menggabungkan unsur tari,musik,peran 13. orang yang memperagakan cerita di naskah 14. pendiri bengkel teater 15. bahasa yunani drama 16. seni pertunjukan yang dimainkan diatas pentas pengertian dari 17. bahasa yunani teater 18. bahasa inggris teater 19. naskah yang harus memiliki nilai moral 20. pemimpin tertinggi dalam pementasan
Jawaban:
1) Teatergerak yang paling populer dan bertahan sampai saat ini adalah pantomim. Sebagai sebuah pertunjukkan yang sunyi karena tidak menggunakakan suara, pantomim mencoba mengungkapkan eksperesinya melalui tingkah laku gerak dan mimik para pemainnya.
2) Sigale-Gale.
3) Blocking.
4) Untuk penataan panggung, bagian depan diperlakukan seolah panggungArena sehingga tidak ada bangunan tertutup vertikal yang dipasang.
5) Arena.
6) Adalah bentuk pertunjukan teater dengan media ekspresi seninya menggunakan alat boneka atau disebut teatermuffet. Contohnya Wayang Golek, Wayang Kulit, dst.
7) Relaksasi.
8) Penyiaran/Film/Drama.
9) Kepala Kantor atau Pimpinan Kantor atau Direktur Kantor.
10) Dalang.
11) Sinden.
12) Drama Musikal.
13) Pemain/tokoh dalam naskah tersebut.
14) Rendra mendirikan BengkelTeater di Yogyakarta yang cukup terkenal dan memberikan suasana baru dalam kehidupan berteater di Tanah Air.
15) Draomai, yang berarti 'berbuat', 'bertindak', atau 'beraksi'.
16) Audisi.
17) Theatron, yang berarti "Tempat Untuk Menonton".
18) Theater.
19) -
20) Sutradara.
3. mohon bantuannya guys! 1.Berikut konflik yang tidak tepat untuk diangkat menjadi naskah drama adalah... a.konflik antaralam b.konflik antar kelompok c.konflik antarteman d.konflik dengan diri sendiri 2.Perhatikan kutipan drama berikut! Lina: (Mendengar penjelasan demikian, Lina jadi termenung, membayangkan diri Umar Orang Tua: "Nak, tadi ketika berjanji jam berapa?" Lina: "Tadi siang, Pak, sepulang sekolah. Aku minta tolong untuk membantu belajar. Sekarang, seharusnya dia sudah berada disini." Latar waktu yang terdapat dalam penggalan drama diatas adalah... a.malam b.sore c.siang 3.Kamu akan menyusun laporan kegiatan pramuka di sekloah. Unsur yang harus ada dalam laporan adalah... a.pembatasan teori b.landasan teori c.daftar pustaka d.tujuan pramuka 4.Dialog pelaku dalam naskah drama diapit oleh tanda... a.titik dua (:) b.petik("...) c.koma(,) d.titik koma(;) 5.Teks samping dalam naskah drama ditulis dengan huruf... a.huruf tebal b.tanda petik c.huruf miring d.tanda petik dua 6.Nama tokoh dapat menjadi petunjuk mengenai status/watak/penampilan tokoh. Nama"Raden Mas Suryo" dapat diidentifikasi sebagai tokoh yang... a.berwatak sabar b.berkostum kumal c.bersuara kecil d.berstatus sosial tinggi 7.Berikut yang perlu diperhatikan dalam menulis petunjuk pelaksanaan suatu kegiatan, Kecuali... a.bahasa komunikatif b.keruntutan proses c.tingkat keberhasilan proses d.bahasa efektif 8.Agar dapat memberikan komentar terhadap pementasan drama secara tepat, kita harus memperhatikan hal-hal berikut, kecuali... a.tata pentas b.penghayatan pelaku c.teknik vokal pemain d.teks drama 9.Unsur yang tidak dapat dikomentari dari sebuah pementasan drama adalah... a.naskah drama b.kostum pemain c.ilustrasi musik d.ekspresi pemain 10.Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang reporter ketika melakukan wawancara, kecuali... a.tujuan wawancara tercapai b.keuangan yang akan diterima c.menjaga kerahasiaan narasumber d.tidak boleh salah mengutip 11.Adegan merupakan bagian dari babak yang ditandai dengan... a.pergantian formasi/posisi pemain di atas pentas b.berakhir cerita c.munculnya konflik anarpemain d.percakapan antartokoh 12.Dialog yang harus diucapkan dengan nada tinggi adalah... a."Ya, ini memang dompet Yadi. Pak Rino menemukannya di ruang ganti." b."Jangan sembarangan menuduh,ya!" c."Bagaimana kalau dompet itu terlupa atau tertinggal disuatu tempat." d."Sudahlah, jangan bertengkar hanya gara-gara aku." 13.Kalimat yang paling sesuai untuk mengawali kegiatan wawancara dengan narasumber yang kita hormati adalah... a.Bolehkan saya mewawancarai Ibu sekarang? b.Saya ingin mewawancarai Bapak sebentar saja. c.Maaf, Bu. Bolehkan saya minta waktu sebentar untuk mewawancarai Ibu? d.Pak, minta waktu sebentar untuk mewawancarai. 14.Tanggapan terhadap pementasan drama harus disampaikan dengan cara berikut, kecuali... a.emosional b.bijak c.jernih d.objektif 15.Latar belakang masalah dan tujuan penelitian dalam laporan terdapat pada bagian... a.penutup b.isi c.kata pengantar d.pendahuluan 16.Latihan emosi sebelum memerankan sebelum peran dilakukan dengan... a.pemusatan pikiran untuk menjernihkan pikiran dan perasaan. b.melatih gerak tubuh untuk mendukung ekspresi dialog c.melatih kepekaan hati atau perasaan hingga menjadi mudah untuk diajak berekspresi d.mengucapkan kalimat-kalimat yang mendapatkan tekanan pada kata-kata tertentu 17.Berikut ini kata bercetak miring yang merupakan kata baku, kecuali... a.Nina membeli obat di APOTEK dekat rumah. b.Doni berulang tahun tanggal 24 NOVEMBER c.Secara TEORETIS, hal itu kurang dapat diterima. d. Yadi IJIN tidak masuk sekolah 18.Fungsi pemain dalam pementasan drama adalah... a.mengatur para pemain b.mencari sponsor c.memerankan lakon d.sebagai penonton 19.Laporan perjalanan memiliki 3 unsur pokok, yaitu... a.argumentasi, narasi, dan deskripsi b.data, fakta, dan objektivitas c.ruang, waktu, dan topik d.ketua dan anggota 20.Dalam membaca cepat, kebiasaan yang harus dihindari adalah... a.tidak mengeluarkan suara b.konsentrasi c.menggerakan mata dengan cepat d.regresi
1.c
2.b
3.d
4.b
5.d
6.d
7.c
8.d
9.a
10.b
11.d
12.b
13.c
14.a
15.c
16.d
17.d
18.c
19.b
20.a
#maaf kalo salah ya ;)
4. A.Berilah jawaban yang benar . 1.Berikut ini adalah bentuk-bentuk teater daerah Jawa Barat, kecuali ... a.longser b.bonjet c.lenong d.angklung badud 2.Ide cerita wayang orang diambil dari cerita ... a.ramayana b.mitos c.keseharian d.novel 3.Salah satu bentuk teater daerah Bali adalah ... a.srandul b.arja c.reog d.ketoprak 4.watak dan gerak-gerik merupaka ciri dari ... a.premis b.skenario c.karakter d.plot 5.Sebuah skenario haruslah memiliki... a.konflik yang menarik penonton b.sumber cerita yang akurat c.kisah yang mengharukan d.kondisi yamg bersifat kekinian 6.Pemimpin dalam sebuah pertunjukan adalah .... a.penata panggung b.sutradara c.aktor d.produser 7.Pemilihan peran dalam drama tradisional lebih didasarkan pada ... a.kedekatan dengan sutradara b.kecocokan fisik dengan tokoh yang diperankan c.kesenangan dari sang sutradara d.kebutuhan sang penulis naskah 8.Berikut ini adalah tugas dari sutradara , kecuali ..... a.menentukan pemain b.mengatur jalannya cerita c.merencanakan cara dan teknik pentas d.mencari dana 9.Tokoh Rama dalam kisah pewayangan merupakan contoh peran .. a.protagonis b.antagonis c.titagonis d.figuran 10.Dekorasi yang menyerupai sebenarnya atau tidaknya mirip disebut dengan dekorasi.... a.stilasi b.sugestif c.realistik d.abstrak 11.Tokoh kejam dan jahat dalam pertunjukan Barong bernama .... a.calon arang b.dasamuka c.rangda / leak d.hanoman 12.Olah pikir merupakan latihan.... a.kelenturan b.raga c.fisik d.kejiwaan 13.Arja dipentaskan ... a.pada malam bulan purnama b.semalam suntuk c.pada saat upacara tradisional d.bila terjadi bencana alam 14.Latihan gerak dengan perasaan erat hubungannya dengan ... a.naskah yang diperankan b.pancaindra c.situasi panggung d.otot-otot dalam tubuh 15.Dalam memberikan penilaian dalam pementasan drama / teater sebaiknya bersifat... a.universal b.subjektif c.netral d.memihak 16.Latihan relaksasi bisa dilakukan dengan cara ... a.melamun b.berbaring c.berjalan-jalan d.istirahat ditempat 17.Berikut ini adalah faktor-faktor yang erat hubungannya dengan teknik menyampaikan ucapan , kecuali ... a.pernapasan b.pengaturan irama c.penekanan kalimat d.konsentrasi 18.Orang yang berhak menentukan peean disebut ... a.produser b.penonton c.sutradara d.aktor 19.Pengertian peran antagonis adalah ... a.tokoh utama yang menjadi pusat cerita b.peran penengah c.peran pelengkap d.tokoh utama yang menjadi lawan 20.Pemikiran penulis naskah sering kali dipengaruhi oleh ... a.kejiwaannya b.lingkungannya c.pangsa pasar d.penonton 21.Konsentrasi disebut juga dengan... a.teknik berdian diri b.pemusat pikiran c.relaksasi d.imajinasi 22.Casting dilakukan setelah... a.tema tersusun b.ada naskah c.disetujui produser d.dana terkumpul 23.Berikut ini adalah jenis teater daerah yang masih berkembang , kecuali ... a.barong b.ludruk c.arja d.cak 24.Ludruk berasal dari daerah... a.sumatra b.jawa timur c.bali d.kalimantan 25.Ciri dari teater daerah Jawa Tengah adalah.... a.memiliki alur yang panjang b.tidak ada peran protagonisnya c.diperankan oleh wanita d.tidak memiliki alur 26. Salah satu desain dramatik yang sering digunakan adalah desain dramatik.... a.kerucut tunggal b.susun ganda c.bergelombang d.campuran 27.Fungsi dari penataan dekorasi adalah ... a.mempercantik panggung b.mempertegas ciri kedaerahan c.memperjelas maksud cerita d.menunjukkan kreativitas penataan panggung 28.Orang yang memainkan figur arau tokoh dalam teater adalah ... a.sutradara b.produser c.aktor d.penulis naskah 29.Peran lengkap dalam pertunjukan drama sering disebut peran ... a.figuran b.utama c.tritagonis d.antagonis B.Isilah titik-titik dengan benar 1.Dalam perjalanan ludruk selau diawali dengan tari... 2.Penyanyi tembang Jawa pada pertunjukan ketoprak disebut... 3.Ketoprak adalah jenis teater dari daerah... 4.Langkah pertama dalam merancang sebuah pertunjukan teater ... 5.Unsur pokok dalam menyusun skenario, yaitu ... 6.Cerita yang diangkat dalam teater / drama barong adalah... 7.Arja adalah jenis teater dari daerah... 8.Memberikan tepuk tangan merupakm wujud dari ... 9.Apreasiasi tiap orang berbeda , hal ini menunjukkan perbedaan ... 10.Memberi penilaian pada pementasan drama / teater harus bersifat .....
1.C.lenong
2.a.ramayana
3.b.arja
4.C.karakter
5.b.sumber cerita akurat
6.b.sutradara
7.
18.b.penonton
19.d.tokoh utama yang menjadi lawan.
21.b.pusat pemikiran
24.b.jawa timur
5. 1.Orang yang memperagakan cerita atau dialog disebut.. A.Pemain B.Sutradara C.Produser D.Penonton 2.Ada ... tahap proses perancangan dalam pementasan fragmen. A.Tiga B.Dua C.Empat D.Lima 3Ada berapakah langkah-langkah dalam merancang pementasan fragmen A.1 B.2 C.3 D.4 4setelah melakukan pementasan hal yag pelu kita lakukan adalah.. A.melakukan perbaikan setelaj melakukan evaluasi B.membuat laporan C.melaksanakan evaluasi D.semua jawaban benar 5.Karangan yang belum diterbitkan tentang cuplikan atau bagian dari sebuah drama atau cerita disebut... A.Pentas B.Pemain C.Naskah fragmen D.Sutradara 6.Tata pentas disebut juga dengan ... atau pemandangan latar belakang. A.Stage B.Scenery C.Background D.Movement komposisi visual 7.Puncak dari persiapan fragmen adalah.. A.Dress rehearsal B.Pementasan C.Laihan teknik D.Menghafal 8.Latihan teknik yang dilakuka oleh pemain meliputi beberapa hal berikut, terkecuali.. A.Tata panggung B.Tata busana C.Tata rias D.Tata Leveling 9.berikut adalah salah satu dari perencaan awal pementasan fragmen kecuali.. A.memilih naskah B.menentukan dan menunjuk sutradara C.memilih aktor D.melakukan publikasi 10.Aktor adalah orang yang menghidupkan.. A.Peran B.Tokoh C.Naskah D.Pementasan 11.Blocking, Leveling dan Balancing adalah bagian dari.. A.Membaca naskah B.Menghafal C.Merancang blocking dan fokus D.Latihan teknik 12.Berikut yang bukan anggota dari kru nonteknis adalah.. A.Kesekretariatan B.Dokumentasi C.Penata tari D.Bendahara 13Yang tidak termasuk dalam unsur-unsur pementasan fragmen adalah A.Pemain B.Sutradara C.Penonton D.Manager panggung 14.Berikut hal- hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih naskah, kecuali.. A.Nilai sutradara B.Nilai filosofi C.Nilai artistik D.Nilai estetika 15Proses latihan untuk menghafal rancangan blocking yang telah ditetapkan oleh sutradara adalah.. A.Top-tail B.Stop and go C. Run through D.Menghafal 16.Yang termasuk dalam panitia pada pementasan fragmen adalah... A.Pemain B.Sutradara C.Penonton D.Manager panggung 17.Naskah yang dipilih hendaknya mengajak penonton untuk memiliki wawasan luas, seperti penyadaran diri usai menonton, termasuk kedalam... A.Nilai filosofi B.Nilai artistik C.Nilai etika D.Nilai komersial 18.Yang bertugas mengatur blocking adalah.. A.Pemain B.Produser C.Penonton D.Sutradara 19.Bahan yang digunakan aktor untuk pencapaian karakter tokoh dalam segi fisik adalah.. A.Tata rias B.Tata busana C.Tata suara D.Tata cahaya 20.Yang bertugas bertindak dan bertanggung jawab atas karya seni yang diproduksikan adalah.. A.Pemimpin artistik B.Penata gerak C.Penata lampu D.pemimpin produksi TOLONG PLEASE BESOK DI KUMPUL:)
Jawaban:
1. a
2. a
3. d
4. a
5.c
6. b
7. c
8. b
9. d
10. d
11. d
12. c
13. c
14. a
15. d
16. d
17. a
18. b
19. a
20. a
Penjelasan:
6. 9. Pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas karya seni teater ialah A. Sutradara B. Penata kostum C. Penata riasD. Pimpinan produksiE. Penata panggung 10. Kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang mengetahui secara ilmu dan praktik pengelolaan pergelaran, yakni A. Manajer produksi B. Stage managerC. Seksi konsumsi D. Pengelola pertunjukan E. Pimpinan artistik 11. Pengaturan pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung bertujuan tidak sekedar supaya permainan bisa dilihat penonton tetapi juga menghidupkan pemeranan dan suasana panggung adalah tujuan dari tata A. Panggung B. Suara C. Musik D. Busana E. Cahaya 12. Pergelaran teater meliputi kegiatan berikut, kecuali A. Perencanaan B. Pergelaran C. Latihan D. Persiapan E. Paska pergelaran 13. Faktor-faktor yang memengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pergelaran berlangsung, kecuali A. Publikasi yang gencar B. Popularitas kelompok C. Kualitas pemain baik D. Kerja sama yang baik dengan berbagai pihak E. Kostum mewah14. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkan aspek-aspek berikut, kecuali A. Gambaran fisik pelaku B. Harga bahan rias murah C. Warna kebangsaan D. Efek sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan E. Pemilihan bahan rias 15. Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama diatas pentas secara utuh dan benar adalah A. Produser B. DramawanC. Sastrawan D. Pemeran E. Promoter16. Jenis teater yang pada awalnya dikembangkan oleh para bangsawan disebut A. Teater nusantara B. Teater istana C. Teater rakyat D. Teater kontemporerE. Teater upacara 17. Wujud karya teater yang dibangun melalui proses kreatif melalui tahapan dengan menggunakan medium tertentu bersifat kolektif dengan wilayah kerja dan tanggung jawab secara bersama disebut A. Materi lakonB. Dialog C. Pagelaran D. Rancangan naskah E. Rancangan musik 18. Berikut termasuk jenis teater tradisional, kecuali A. DagelanB. LudrukC. KetoprakD. Wayang orang E. Drama musikal19. Keragaman teater tradisi Nusantara yang merupakan kekayaan budaya bangsa dapat dijadikan sebagai A. Promosi budaya B. Alat promosi pariwisata C. Kebanggaan bangsa D. Alat pemersatu bangsa E. Alat untuk mendapatkan dana 20. Berikut yang bukan unsur penting sebagai tanda kekhasan teater ialah A. Cerita atau naskah B. Pelaku seni C. Pentas (artistik perupaan) D. Penonton E. Perlengkapan
9. Pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas karya seni teater ialah
A. Sutradara.
10. Kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang mengetahui secara ilmu dan praktik pengelolaan pergelaran, yakni
E. Pimpinan artistik
11. Pengaturan pemandangan di panggung selama pementasan berlangsung bertujuan tidak sekedar supaya permainan bisa dilihat penonton tetapi juga menghidupkan pemeranan dan suasana panggung adalah tujuan dari tata
A. Panggung
12. Pergelaran teater meliputi kegiatan berikut, kecuali
A. Perencanaan
13. Faktor-faktor yang memengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pergelaran berlangsung, kecuali
D. Kerja sama yang baik dengan berbagai pihak
14. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkan aspek-aspek berikut, kecuali
B. Harga bahan rias murah
15. Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama diatas pentas secara utuh dan benar adalah
C. Sastrawan
16. Jenis teater yang pada awalnya dikembangkan oleh para bangsawan disebut
B. Teater istana
17. Wujud karya teater yang dibangun melalui proses kreatif melalui tahapan dengan menggunakan medium tertentu bersifat kolektif dengan wilayah kerja dan tanggung jawab secara bersama disebut
A. Materi lakon
18. Berikut termasuk jenis teater tradisional, kecuali
E. Drama musikal
19. Keragaman teater tradisi Nusantara yang merupakan kekayaan budaya bangsa dapat dijadikan sebagai
C. Kebanggaan bangsa
20. Berikut yang bukan unsur penting sebagai tanda kekhasan teater ialah
D. Penonton9=A
10=E
11=A
12=A
13=D
14=B
15=C
16=B
17=A
18=E
19=C
20=D
semoga bermanfaat
7. 1.BERIKUT YANG BUKAN MERUPAKAN. UNSURSENI RUPA ADALAH ....A. WARNAB. NADAC. TEKSTURD. GARISE. TITIK2.FUNGSI MUSIK DI INDONESIA PADA UMUM-NYA JUGA BERKAITAN ERAT DENGAN UPACARA-UPACARA RITUAL MASYARAKATNYA, SEPERTIUPACARA KEMATIAN, PERKAWINAN, KELAHIRANHINGGA DALAM UPACARA-UPACARA KEAGAMAAN DAN KENEGARAAN. HAL INI MERUPAKANFUNGSI MUSIK SEBAGAI .... HOTSA. MEDIA ATAU SARANA UPACARA BUDAYA (RITUAL)B. MEDIA ATAU SARANA HIBURANC. MEDIA ATAU SARANA EKSPRESI DIRID. PENGIRING TARIANE. MEDIA ATAU SARANA EKONOMI3.BERIKUT INI YANG BUKAN MERUPAKANELEMEN-ELEMEN MENDASAR DALAM MENARIADALAH ....A. GERAKB. RUANGC. RITMED. TUBUHE. WAKTU4.UNSUR TERPENTING DALAM PEMENTASAN TEATER ADALAH .... HOTSA. SUTRADARAB. PEMAINC. ARTISTIKD. TICKETINGE. DEKORASI PANGGUNG5.CIRI KHAS MUSIK YANG TERLETAK PADAPUKULAN SEJENIS ALAT MUSIK PERKUSI YANGMENGHASILKAN BUNYI NDUT, YAITU MUSIK ....A. JAZZB. GAMBUSC. POPULERD. KERONCONGE. DANGDUT6.UNSUR YANG BANYAK DIGUNAKAN DALAM PENGGARAPAN KARYA SENI RUPA ADALAH ....A. GELAP TERANGB. WARNAC. ARAHD. GARISE. BANGUNAN7.TARIAN YANG DIBAWAKAN OLEH ORANG BANYAK DENGAN JUMLAH BESAR DISEBUT TARI .... KOLOSALA. KOLOSALB. TUNGGALC. KELOMPOKD. BERPASANGANE. KLASIK8.UNSUR POKOK DALAM SENI TEATER YANG HARUS ADA ADALAH ....A. MUSIKB. PEMILIHAN PEMAINC. NASKAHD. PENONTONE. SOUND SYSTEM9.CONTOH KARYA SENI TERAPAN ADALAH ....A. PATUNG KAYUB. LUKISAN PEMANDANGANC. GELAS DAN PIRINGD. HIASAN DINDINGE. PERAK10.PANGGUNG YANG PENONTONNYA MELINGKARATAU DUDUK MENGELLINGI PANGGUNG ADALAN PANGGUNG ....A. THRUST/CAMPURANB. PROSCENIUMC. KONSERD. MUSIKE. ARENA11. CERMAIAN PEMYATAAN BERIKUT!(1) MENIRU BENTUK ALAM SEMIRIP MUNGKIN.(2) MENGIKUTI EMOSI PELUKIS SECARA EFEKTIF.(3) MENGABSTRAKSIKAN OBJEK KE DALAM BENTUK GEOMETRI.(4) MENGUNGKAPKAN PENGETAHUAN MELALUI GARIS.YANG TERMASUK CIRI-CIRI ALIRAN SENI LUKISABSTRAK DITUNJUKKAN NOMOR ....A. (1) DAN (2)B. (1) DAN (3)C. (1) DAN (4)D. (2) DAN (3)E. (3) DAN (4)12.MUSIK TRADISIONAL DISEBUT JUGA MUSIK ....A.KLASIKB. KONTEMPORERC. RELIGID. KUNOE. DAERAH13.UKIRAN PA’DADU YANG TERDAPAT PADA RUMAHADAT TONGKONAN SUKU TORAJA MEMILIKIMAKNA SEBAGAI PERINGATAN KEPADA ANAK CUCU AGAR TIDAK BERMAIN DADU ATAU JUDI.HAL INI MENUNJUKKAN FUNGSI SENI UKIR SEBAGAI ....A. MAGISB. SIMBOLIKC. KONSTRUKSID. PENGHORMATANE. HIASAN14.TARI BONDAN TEMASUK TARI ....A. DRAMAB. BERPASANGANC. KELOMPOKD. TUNGGALE. MASSAL15.RANGKAIAN PERISTIWA ATAU JALANNYA KISAHDRAMA YANG DI DALAMNYA TERDAPAT KONFLIKYANG BERKEMBANG SECARA BERTAHAP DARISEDERHANA HINGGA KOMPLEKS SAMPAI PADAPENYELESAIAN AKHIRNYA DISEBUT ....A. NASKAHB. PERWATAKANC. PLOTD.TEMAE. PENOKOHAN16.ALIRAN NATURALISME MENEKANKAN PADA CIRIUKISAN DENGAN BENTUK .... HOTSA. JWA YANG DIANGANKAN OLEH PELUKISB. SEDERHANA, PRIMITIF, DAN KEKANAK-KANAKANC. SEWAJARNYA, JELAS, DAN SERING DIPERTAJAMD. SEWAJARNYA DAN MEMPERHATIKAN PERSPEKTIF GARIS DAN WARNAE. HASIL UNGKAPAN SENIMAN DARI APA YANG DIAMATI SELELITI MUNGKIN17.BERIKUT BUKAN TERMASUK UNSUR TATA ARTISTIK, YAITU ....A. TATA RIASB. TATA LAMPUC. TATA BUSANAD. TATA MUSIKE. AKTOR18.PERAGAAN ATAU SIKAP DAN GERAK DARI SELURUH ANGGOTA TUBUH DENGAN PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DALAM TARI DISEBUT .... HOTSA. WIRAMAB. WIRASAC. WIRAGAD. WIBASA19.SENI TARI YANG TIDAK MEMENTINGKAN KEINDAHAN MELAINKAN UNTUK KEPUASAN INDIVIDU SEHINGGA BERSIFAT SPONTANITAS ADALAH FUNGSI SENI TARI SEBAGAI MEDIA ....A. PENYAMPAIAN EKSPRESIB. HIBURANC. PERGAULAND. PERTUNJUKANE. PENDIDIKAN20.MUSIK TRADISIONAL BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK ....A. KEGIATAN SOSIALB. HIBURANC. PERKAWINAND. UPACARA KENEGARAANE. KEGIATAN ADAT
Jawaban:
1.b
2.a
3.b
Penjelasan:
maaf klo slah hehe
8. TOLONG BANTU DONG INI PLIS YA YA..01.Ekspresi wajah pemain yang sedang sedih tentu saja berbeda dengan ketika sedang marah. Dengan kata lain……. Sangat diperlukan dalam seni peranA. Bloking C. NaskahB. Mimik D. Gestur02.…… adalah gerakan-gerakan yang dilakukan pemain sebagai wujud penghayatan peran yang dimainkannya.A. EkspresiB. MimikC. InterpretasiD. Akting.03.Seorang pemeran pengganti disebut juga.. ...A. Antagonis.B. ProtagonisC. Figuran.D. Aktor .04.Di bawah ini adalah unsur tehnik dasar acting, kecuali……A. Olah Suara C. Olah TubuhB. Olah Rasa D. Olah Karya.05.Seseorang yang akan membawa atau mengarahkan jalannya sebuah naskah adalah ....A. Sutradara. C. Staf Produksi.B. Crew. D. Stage Manager.06.Di bawah ini adalah unsur Internal dalam teater, kecuali…….A. SkenarioB. PemeranC. Staf ProduksiD. Sutradara 07.Sebuah catatan berisikan dialog para pemain disebut juga…A. PrologB. MonologC. NaskahD. Fragmen08.Kata pengantar yang berperan yang besar dalam menyiapkan pikiran penonton agar dapat mengikuti lakon (cerita) yang akan disajikan disebutA. Monolog C. PrologB. Dialog D. Epilog09.…....adalah Sebuah perlengkapan bantu yang akan diperlukan dalam pementasan Teater,yaitu berupa Meja, Kursi, Background, Hiasan Ruangan,dan lain-lainnya.A. Properti C. Tata LampuB. Crew D. Stage Manager10.Dalam cerita Andhe andhe lumut, siapa sebutan ibu andhe andhe LumutA. Mbok Rondo DhaDhapanB. Mbok Rondo KuninganC. Mak InahD. Mbok Salim11.Peran pembantu dalam sebuah peran disebutA. Aktor C. FiguranB. Aktris D. Antagonis12.Usaha menangkap makna dapat disebut juga..........A. ImpersonateB. InterpretasiC. ImprovisasiD. Imtrospeksi13.Kata penutup yang berisi kesimpulan dalam pementasan disebut…A. BlokingB. MimikC. NaskahD. Epilog14.Apa yang diucapkan itu tidak ditujukan kepada orang lain namun kepada dirinya sendiri. Isinya, mungkin ungkapan rasa senang, rencana yang akan dilaksanakan, sikap terhadap suatu kejadian, dan lain-lain.Orang tersebut sedang melakukan aktivitas seni yaitu…A. Prolog C. MonologB. Warming Up D. Puisi15.Sejarah seni teater pertama kali muncul pada abad ke… ….A. 6 SM C. 4 SMB. 7 SM D. 5 SM16.Di Bawah ini adalah tokoh tokoh seni teater, kecuali…A. TrubusB. Arifin C NoerC. WS RendraD. Putu Wijaya17.……. adalah gerakan-gerakan atau ucapan-ucapan penyeimbang untuk lebih menghidupkan pemeranan.A. ImprovisasiB. EkspresiC. GaitD. Gestur.18.Teater bisu yang hanya mengekspresikan gerak bertujuan menunjukkan emosi yang dirasakan pemain disebut juga….A. PantomimB. KomediC. KetoprakD. Lenong 19.Malin kundang adalah cerita rakyat dariA. Sumatra UtaraB. Sumatra BaratC. SulawesiD. Kalimantan Barat20.Gerakan gerakan besar yang dilakukan oleh pemeran drama disebut jugaA. GesturB. Mimik C. BlokingD. GaitJawablah pertanyaan beriku dengan tepat dn benar !Ceritakan sejarah singkat tentang sejarah seni teaterApa saja yang termasuk dalam Unsur Internal Teater yang kamu ketahui? Sebutkan dan jelaskan!Dalam Unsur ekternal terdapat unsur yang terpenting yaitu Sutradara. Apa yang menjadi tugas sutradara?Buatlah Naskah drama singkat (fragmen ) dengan pemeran minimal 2 orang!dengan tema persahabatan.
Jawaban:
b.mimik
Penjelasan:
maaf ya kalau salah
9. KAK PLISS BANTUIN1.BERIKUT YANG BUKAN MERUPAKAN. UNSURSENI RUPA ADALAH ....A. WARNAB. NADAC. TEKSTURD. GARISE. TITIK2.FUNGSI MUSIK DI INDONESIA PADA UMUM-NYA JUGA BERKAITAN ERAT DENGAN UPACARA-UPACARA RITUAL MASYARAKATNYA, SEPERTIUPACARA KEMATIAN, PERKAWINAN, KELAHIRANHINGGA DALAM UPACARA-UPACARA KEAGAMAAN DAN KENEGARAAN. HAL INI MERUPAKANFUNGSI MUSIK SEBAGAI .... HOTSA. MEDIA ATAU SARANA UPACARA BUDAYA (RITUAL)B. MEDIA ATAU SARANA HIBURANC. MEDIA ATAU SARANA EKSPRESI DIRID. PENGIRING TARIANE. MEDIA ATAU SARANA EKONOMI3.BERIKUT INI YANG BUKAN MERUPAKANELEMEN-ELEMEN MENDASAR DALAM MENARIADALAH ....A. GERAKB. RUANGC. RITMED. TUBUHE. WAKTU4.UNSUR TERPENTING DALAM PEMENTASAN TEATER ADALAH .... HOTSA. SUTRADARAB. PEMAINC. ARTISTIKD. TICKETINGE. DEKORASI PANGGUNG5.CIRI KHAS MUSIK YANG TERLETAK PADAPUKULAN SEJENIS ALAT MUSIK PERKUSI YANGMENGHASILKAN BUNYI NDUT, YAITU MUSIK ....A. JAZZB. GAMBUSC. POPULERD. KERONCONGE. DANGDUT6.UNSUR YANG BANYAK DIGUNAKAN DALAM PENGGARAPAN KARYA SENI RUPA ADALAH ....A. GELAP TERANGB. WARNAC. ARAHD. GARISE. BANGUNAN7.TARIAN YANG DIBAWAKAN OLEH ORANG BANYAK DENGAN JUMLAH BESAR DISEBUT TARI .... KOLOSALA. KOLOSALB. TUNGGALC. KELOMPOKD. BERPASANGANE. KLASIK8.UNSUR POKOK DALAM SENI TEATER YANG HARUS ADA ADALAH ....A. MUSIKB. PEMILIHAN PEMAINC. NASKAHD. PENONTONE. SOUND SYSTEM9.CONTOH KARYA SENI TERAPAN ADALAH ....A. PATUNG KAYUB. LUKISAN PEMANDANGANC. GELAS DAN PIRINGD. HIASAN DINDINGE. PERAK10.PANGGUNG YANG PENONTONNYA MELINGKARATAU DUDUK MENGELLINGI PANGGUNG ADALAN PANGGUNG ....A. THRUST/CAMPURANB. PROSCENIUMC. KONSERD. MUSIKE. ARENA11. CERMAIAN PEMYATAAN BERIKUT!(1) MENIRU BENTUK ALAM SEMIRIP MUNGKIN.(2) MENGIKUTI EMOSI PELUKIS SECARA EFEKTIF.(3) MENGABSTRAKSIKAN OBJEK KE DALAM BENTUK GEOMETRI.(4) MENGUNGKAPKAN PENGETAHUAN MELALUI GARIS.YANG TERMASUK CIRI-CIRI ALIRAN SENI LUKISABSTRAK DITUNJUKKAN NOMOR ....A. (1) DAN (2)B. (1) DAN (3)C. (1) DAN (4)D. (2) DAN (3)E. (3) DAN (4)12.MUSIK TRADISIONAL DISEBUT JUGA MUSIK ....A.KLASIKB. KONTEMPORERC. RELIGID. KUNOE. DAERAH13.UKIRAN PA’DADU YANG TERDAPAT PADA RUMAHADAT TONGKONAN SUKU TORAJA MEMILIKIMAKNA SEBAGAI PERINGATAN KEPADA ANAK CUCU AGAR TIDAK BERMAIN DADU ATAU JUDI.HAL INI MENUNJUKKAN FUNGSI SENI UKIR SEBAGAI ....A. MAGISB. SIMBOLIKC. KONSTRUKSID. PENGHORMATANE. HIASAN14.TARI BONDAN TEMASUK TARI ....A. DRAMAB. BERPASANGANC. KELOMPOKD. TUNGGALE. MASSAL15.RANGKAIAN PERISTIWA ATAU JALANNYA KISAHDRAMA YANG DI DALAMNYA TERDAPAT KONFLIKYANG BERKEMBANG SECARA BERTAHAP DARISEDERHANA HINGGA KOMPLEKS SAMPAI PADAPENYELESAIAN AKHIRNYA DISEBUT ....A. NASKAHB. PERWATAKANC. PLOTD.TEMAE. PENOKOHAN16.ALIRAN NATURALISME MENEKANKAN PADA CIRIUKISAN DENGAN BENTUK .... HOTSA. JWA YANG DIANGANKAN OLEH PELUKISB. SEDERHANA, PRIMITIF, DAN KEKANAK-KANAKANC. SEWAJARNYA, JELAS, DAN SERING DIPERTAJAMD. SEWAJARNYA DAN MEMPERHATIKAN PERSPEKTIF GARIS DAN WARNAE. HASIL UNGKAPAN SENIMAN DARI APA YANG DIAMATI SELELITI MUNGKIN17.BERIKUT BUKAN TERMASUK UNSUR TATA ARTISTIK, YAITU ....A. TATA RIASB. TATA LAMPUC. TATA BUSANAD. TATA MUSIKE. AKTOR18.PERAGAAN ATAU SIKAP DAN GERAK DARI SELURUH ANGGOTA TUBUH DENGAN PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DALAM TARI DISEBUT .... HOTSA. WIRAMAB. WIRASAC. WIRAGAD. WIBASA19.SENI TARI YANG TIDAK MEMENTINGKAN KEINDAHAN MELAINKAN UNTUK KEPUASAN INDIVIDU SEHINGGA BERSIFAT SPONTANITAS ADALAH FUNGSI SENI TARI SEBAGAI MEDIA ....A. PENYAMPAIAN EKSPRESIB. HIBURANC. PERGAULAND. PERTUNJUKANE. PENDIDIKAN20.MUSIK TRADISIONAL BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK ....A. KEGIATAN SOSIALB. HIBURANC. PERKAWINAND. UPACARA KENEGARAANE. KEGIATAN ADAT
Jawaban:
no1. B
no2.A
no3. B
no4. C
no5.E
no6.C
no7.A
no8.A
no9.E
no10.E
Penjelasan:
MAAF AKU CUMA BISA JAWAB
SAMPAI SINI,, JANGAN LUPA FOLOW YA
0 Komentar