Sistem Rem Mobil Dapat Dikategorikan Sebagai Aplikasi Sistem Hidrolik Karena


Sistem Rem Mobil Dapat Dikategorikan Sebagai Aplikasi Sistem Hidrolik Karena

1.Sistem rem mobil dapat dikategorikansebagai aplikasi sistem hidrolikkarenaA menggunakan silinder rodauntuk menekan kampas remB.menggunakan pipa baja untukmeneruskan aliran minyak remC. Menggunakan fluidabertekanan untuk meneruskangaya pengeremanD. Menggunakan minyak remdalam sistemnyaE. Menggunakan master remsebagai komponen pengubahgaya pengeremanAlasan : Tolong di jawab yah para ahli :)​

Daftar Isi

1. 1.Sistem rem mobil dapat dikategorikansebagai aplikasi sistem hidrolikkarenaA menggunakan silinder rodauntuk menekan kampas remB.menggunakan pipa baja untukmeneruskan aliran minyak remC. Menggunakan fluidabertekanan untuk meneruskangaya pengeremanD. Menggunakan minyak remdalam sistemnyaE. Menggunakan master remsebagai komponen pengubahgaya pengeremanAlasan : Tolong di jawab yah para ahli :)​


Jawaban:

C

Penjelasan:

Sistem rem hidrolik

Untuk sistem rem hidroik bekerja berdasarkan hukum pascal. Dimana material berupa fluida dijadikan alat untuk meneruskan gaya pengereman dari pedal rem. Fluida digunakan karena material ini tidak memiliki sifat kompresi sehingga cocok untuk menyalurkan tekanan.


2. Jelaskan pemeriksaan sistem hidrolik pada sistem rem​


Jawaban:

1) Lepaskan Roda.

2) Periksa kondisi selang sistem rem. Periksa apakah terdapat retak ataupun kebocoran pada selang rem.

3) Periksa kondisi brake pad (kampas rem).

4) Periksa kondisi brake disc.

5) Periksa ketebalan brake disc.

6) Pasang brake pad.

7) Pasang kembali roda.


3. 3. Berikut ini adalah contoh penggunaan sistem hidrolik, KECUALI.. A. Sistem rem hidrolik B. Spray gun C. Excavator D. Alat pengangkat mobil E. Dongkrak hidrolik


B.spray gun

Semoga bermanfaat


4. Sebutkan 3 contoh aplikasi sistem hidrolik yang tidak menggunakan pompa pada sistemnya


Jawaban:

Contoh aplikasi sistem hidrolik yang tidak menggunakan pompa pada sistemnya adalah escavator, dongkrak hidrolik dengan cara kerja adanya tuas untuk mengangkut mobil dan sistem pada rem mobil agar lebbih responsif.

Penjelasan:

Media penghantar yaitu berupa fuida cair agar dapat mendapatkan agya yang lebh besar saat digunakan dibandingkan gaya semula untuk memindahkan benda dengan beban benda yang sangat berat. Cara kerjanya yaitu dengan pompa yang diletakan dengan fungsi sebagai pembangkit tekanan akan dilanjukan ke sistem saluan - saluran yang sudah yang terdapat pada pipa dna katupya. Gerakan maju dan mundur akan dihasilkan akibat dari tekanan tadi pada runag silindir yang terjadinya gerakan pada batang piston.

Gaya yang besar dna tekanan unit terkecilnya dapat diransmisikan oleh gaya pembangkit untuk memudahkan pengawasan pada sistem hidrolik. Bend ayang mengalami pergesekan, menyebabkan fluida bekerja dengan adanya gaya gesekan dan sistem hidrolik akan melumasinya sendiri.

Pada tekanan hidrolik merupakan salah satu yang mmemiliki gaya tekan yang tinggi dikarenakan berat benda yang sangat berar maka harus dipastikan bahwa pada sistem ini mempunyai kekuatan yang baik. Kurangnya efisiensi dapat terjadi karena keboncoran pada fluida itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang cairan hidrolik ppada sistem hidrolik brainly.co.id/tugas/5777039

materi tentang penerapan fluida dinamis brainly.co.id/tugas/5214269

------------------------------------------------------

Detail jawaban

Kelas: 11 SMA

Mapel: Fisika

Bab:  Fluida Statis

Kode: 11.6.3

Kata kunci:  Sistem Hidrolik, Pompa


5. Kenapa rem mobil hidrolik lebih amab daripada rem mekanik?


Jawaban:

Soal: Kenapa rem mobil hidrolik lebih amab daripada rem mekanik?

Jawaban: karena menggunakan media zat cair sebagai saluran gaya

Pembahasan:

Rem adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia otomotif karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan pengguna kendaraan. Pasalnya, dengan adanya sistem pengereman yang baik, pengendara mampu menghentikan laju kendaraan (terutama kendaraan bermotor) saat melaju dengan kecepatan tinggi sekalipun. Ada banyak jenis sistem pengereman, tetapi umumnya ada dua jenis sistem rem yang digunakan dalam kendaraan bermotor yakni:

Rem hidrolik: menggunakan fluida/zat cair berupa oli (karena material ini memiliki sifat yang cocok untuk menyalurkan tekanan) sebagai alat untuk meneruskan gaya pengereman dari pedal rem. Kelebihan: gaya yang digunakan lebih kecil ketimbang rem mekanik, memiliki tenaga yang lebih fleksibel dari segi penempatan transmisi tenaga, beban mudah dikontrol memakai katup pengatur tekanan, mampu dipakai di medan berat dan jarak jauh. Kelemahan: harga yang lebih mahal dibanding rem mekanis, harus rajin dan rutin merawat terutama bagian master silinder dengan alat-alat khusus karena jika terjadi kebocoran akan mengotori komponen-komponen yang lainRem mekanis: menggunakan kabel baja, piringan cakram logam dan hose (selang) sebagai alat untuk meneruskan gaya pengereman dari pedal rem. Piston kaliper menggunakan media kabel baja untuk menarik rem yang ditarik oleh tenaga tangan atau kaki manusia. Kelebihan: lebih murah dibanding rem hidrolik, perawatan lebih mudah dan murah dibanding rem hidrolik. Kelemahan: gaya lebih besar dari rem hidrolik, cenderung sulit (atau tak bisa) dipakai di medan berat dan jarak jauh,

Detail Jawaban:

Mapel: SBMPTN

Kelas: -

Materi: Cara Kerja Rem Mobil Hidrolik dan Rem. Mekanik

Kata Kunci: rem mobil hidrolik, rem mekanik

Kode soal: 24

Kode Kategorisasi: -.24

Penjelasan:

Sudah di jawaban


6. jelaskan menurut anda pengkategorian proses file aplikasi dalam sistem operasi windows


sistem dapat membuat, menghapus dan mengubah nama file serta mengatur file dan direktori

7. rem hidrolik pada mobil dibuat berdasarkan hukum


Untuk sistem rem hidroik bekerja berdasarkan hukum pascal. Dimana material berupa fluida dijadikan alat untuk meneruskan gaya pengereman dari pedal rem. Fluida digunakan karena material ini tidak memiliki sifat kompresi sehingga cocok untuk menyalurkan tekanan

Hukum pascal. Karena hukum tersebut mengunakan konsep hidrolik


8. Di bawah ini adalah alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal...dongkrak hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobildongkrak hidrolik,setir hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobiltempat duduk hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobiltemapt duduk hidrolik, dongkrak hidrolik dan mesin hidrolik pengangku mobil​


Soal ✏

Di bawah ini adalah alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal...

dongkrak hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobil

dongkrak hidrolik,setir hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobil

tempat duduk hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobil

temapt duduk hidrolik, dongkrak hidrolik dan mesin hidrolik pengangku mobil​

Menjawab ☄

Alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal adalah dongkrak hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobil

Pembahasan

Hukum pascal adalah salah satu hukum dalam ilmu fisika yang berhubungan dengan zat cair dan gaya-gaya yang ada padanya. Mempelajari Fisika tidak lengkap jika tidak mengetahui bunyi hukum Pascal.

Alat-alat yang menggunakan prinsip hukum pascal adalah dongkrak hidrolik,rem hidrolik dan mesin hidrolik pengangkut mobil

Penjelasan

Rumus Hukum Pascal

Hukum Pascal di rumuskan dengan istila Pa (Pascal) yaitu sebuah satuan turunan untuk tekanan. Sesuai dengan bunyinya, maka Hukum Pascal di rumuskan sebagai berikut:

Keterangan :

• F1 /F2 = Gaya pada permukaan A atau B (N)

• A1/A2 = Luas permukaan A atau B (m2)

• D1/D2 = Diameter permukaan A atau B (m)

______________________________

✦ NOT COPY PASTE

______________________________

Detail Jawaban:

Kelas : Ⅷ

Mapel : Fisika

Bab : Fluida

Kode : 8.6.3

Kata kunci: aplikasi, pascal

______________________________

Pelajari lebih lanjut:

Penerapan hukum Archimedes dan Pascal: brainly.co.id/tugas/12553179

Alat apa saja yang menggunakan prinsip hukum pascal? Bagaimana mekanisme kerjanya?: brainly.co.id/tugas/13895012


9. jelaskan prinsip kerja pada rem hidrolik motor dan mobil


penyalur rem yang menggunakan cairan (Hydro). Cairan yang digunakan adalah sejenis fluida yang memiliki ketahanan tinggi. Sistem pengereman hidrolik bekerja berdasarkan hukum pascal yang berbunyi



Tekanan yang diberikan pada zat cair didalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar dan sama rata.


Prinsip kerja rem hidrolik pada mobil

Melalui brake lines, kemudian tekanan tersebut akan diteruskan ke semua aktuator pengereman dengan besar yang sama. Saat tekanan fluida mencapai silinder roda, maka fluida atau minyak rem bertekanan tersebut akan menggerakan piston pada silinder roda untuk menekan kampas rem. Saat inilah proses kerja rem terjadi

kalau jawaban ini prinsip kerja nya mobil ... maaf kalau salah ;')

10. rem hidrolik pada mobil dibuat berdasarkan hukum


berdasarkan hukum pascal

smg berguna

11. Rem mobil memiliki prinsip kerja berdasarkan hukum Pascal. Sistem kerja rem mobil tersebut ditunjukkan seperti gambar! Sistem rem mobil akan bekerja untuk memperlambat putaran roda dengan cara menginjak pedal rem. Besar gaya yang dibutuhkan untuk menginjak pedal rem adalah …​


Jawaban:

25 cm²

Penjelasan:

penjelasan nya ada di gambar yaa


12. komponen rem yang berfungsi untuk membuang udara palsu dalam sistem rem hidrolik adalah


Komponen rem yang berfungsi untuk membuang udara palsu dalam sistem rem hidrolik adalah niple bleed. Hal ini akan dijelaskan dalam penjelasan mengenai komponen-komponen rem hidrolik berikut.

Penjelasan:

Rem hidrolik atau yang dikenal juga dengan sebutan rem cakram merupakan salah satu penerapan sistem hidrolik dalam kehidupan sehari-hari. Rem jenis ini banyak kita jumpai dalam kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Berikut beberapa komponen-komponen utama dari rem hidrolik beserta fungsinya masing-masing.

1. Piringan atau Disc Brake berfungsi sebagai alat penekanan oleh kampas rem yang lebih lanjut akan menimbulkan efek pelambatan.

2. Black Clipper  berfungsiuntuk mengubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak berupa tekanan.

3. Piston  berperan agar tekanan pada kampas rem terdistribusikan secara merata.

4. Kampas Rem  berfungsi untuk menjepit atau menahan putaran disc brake ketika kendaraan sedang melaju.

5. Niple Bleed  berfungsi untuk membuang udara palsu yang terdapat dalam sistem hidrolik rem. Hal ini dibutuhkan karena udara dalam sistem hidrolik dapat menyebabkan pengeraman tidak maksimal.

6. Selang Hidrolik berfungsi untuk mengedarkan fluida (cairan) rem pada setiap sistem.

Semoga membantu.

Pelajari lebih lanjut

Fungsi cairan hidrolik dalam sistem hidrolik https://brainly.co.id/tugas/5777039

Alasan sistem hidrolik dapat meneruskan daya dengan efisien https://brainly.co.id/tugas/26268309

Contoh aplikasi sistem hidrolik yang tidak menggunakan pompa https://brainly.co.id/tugas/26649216

Detil Jawaban

Kelas: 11 SMA

Mapel: Fisika

Bab:  Fluida Statis

Kode: 11.6.3

#AyoBelajar


13. rem hidrolik pada mobil di buat berdasarkan huku​


Jawaban:

Hukum pascal,karena hukum tersebut menjelaskan tentang konsep hidrolik.

Penjelasan:

semoga membantu ...


14. Komponen sistem rem yang berfungsi untuk merubah tekanan pedal menjadi tekanan hidrolik dan diteruskan ke silinder roda melalui pipa-pipa rem adalah .... *​


Jawaban:

Master Silinder mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolis.

Penjelasan:

maaf kalo salah


15. Pada saat melakukan pemeriksaan sistem rem hidrolik jika di temukan permasalahan rem terjepit maka terjadi kerusakan pada


pada rem.................

16. 1. Tuliskan apa yang dimaksud dengan sistem rem hidrolik?2. Tuliskan komponen-komponen sistem rem hidrolik dan fungsinya!3. Jelaskan prinsip kerja sistem rem hidrolik!4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem rem mekanik?5. Tuliskan komponen komponen rem mekanik!6. Tuliskan 6 komponen rem cakram dan fungsinya!7.Berdasarkan cara pengoperasian sepatu rem, sistem rem tipe tromol pada sepeda motordiklasifikaskan menjadi dua, Tuliskan dan jelaskan!8. Jelaskan fungsi dari pelek!9. Tuliskan tpe-tipe dari pelek!10. Tuliskan akibat dari pemakaian pelek yang tidak sempurna!bantuan nya kk ​


Jawaban:

1. Sesuai dengan namanya, rem hidrolik menggunakan tekanan minyak dari tuas rem guna mendorong piston rem. Rem hidrolik cukup membutuhkan satu jari saja untuk mengoperasikannya. Hal tersebut membuat tangan tidak mudah lelah, dan tentunya sangat membantu ketika digunakan pada medan yang terjal dan berbatu.

2. Pedal rem/Tuas rem (input device)

Dinamakan sebagai input device karena pedal rem memiliki fungsi sebagai input untuk mengetahui kapan rem akan aktif dan kapan rem akan non aktif. Secara sederhana, ketika kita menekan pedal rem maka rem tersebut akan aktif.

Disini pedal bertugas untuk memasukan daya tekan yang diberikan oleh kita agar sistem hidrolik rem bisa bergerak.

3. Prinsip kerja rem hidrolik seperti disinggung di atas, menggunakan prinsip Hukum Pascal yang kita pelajari di bangku SMA yang berbunyi, “Tekanan yang diberikan zat cair di dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar.” Jadi ketika tuas rem ditekan akan mendorong piston master,

4. Rem mekanis adalah mekanisme penggerak rem yang menggunakan kawat kabel secara mekanik. Dikatakan mekanis karena untuk menghubungkan gerakan dari pedal rem/tuas rem ke aktuator rem digunakan sebuah kawat baja. Kelebihan sistem rem mekanis adalah memiliki konstruksi yang simpel dan mudah dikostuminasi.

5. Komponen Rem Tromol

Backing Plate. Dengan bentuknya yang paling besar, backing plate adalah piringan logam yang berada di belakang sistem rem tromol. ...

2. Sepatu Rem dan Kampas. ...

3. Silinder Ronda. ...

4. Return Spring. ...

Brake Shoe Holder. ...

6. Brake Shoe Adjuster. ...

7. Parking Brake Lever. ...

8. Rem Tromol.

6. Piring rem (Disc)

1. Solid disc

Bagian ini berbahan baja solid yang ketebalannya hampir 2 cm. Piringan jenis solid disc ini kebanyakan digunakan pada sistem rem cakram mobil.

2. Ventilated disc

Jenis ini sering dipakai pada sistem rem sepeda motor. Ventilated disc memiliki ketebalan yang lebih kecil, namun di sekitar piringan terdapat banyak lubang sebagai ventilasi.

2. Brake Clipper

1.Fixed caliper, memiliki dua buah piston yang akan bergerak berlawanan saat mendapatkan tekanan hidraulik. Gerakan tersebut akan menjepit kampas rem diantara piston.

Floating caliper adalah kaliler yang melayang dapat bergerak kekiri dan kekanan. Hal itu dikarenakan kaliper ini hanya memiliki satu buah piston disalah satu sisi, sehingga saat piston bergerak otomatis kaliper akan bergeser menyesuaikan.

3. Piston

Pada rem cakram, piston yang ada berbeda dengan piston pada mesin. Dinamakan piston karena berbentuk tabung sebagaimana bentuk piston. Fungsinya untuk menekan kampas rem secara merata.

Piston pada rem cakram mobil memiliki diameter lebih besar dari pada piston rem cakram sepeda motor. Hal ini dapat dilihat dari dimensi kedua rem ini yang berbeda. Namun keduanya masih memiliki fungsi yang sama.

4. Piston Seal

Piston seal merupakan komponen berbahan karet yang memiliki kemampuan sealing untuk mencegah terjadinya kebocoran minyak rem pada caliper. Setiap komponen yang berhubungan dengan cairan, pasti mengandalkan seal untuk mencegah kebocoran.

Seal pada sistem rem cakram ini juga berfungsi untuk mencegah debu untuk masuk kedalam sistem hidraulik rem saat rem bekerja.

5. Niple Bleed

Hal yang tak boleh ketinggalan dalam sistem rem hidraulik baik cakram ataupun tromol adalah bleed point atau niple bleed. Fungsi dari komponen ini adalah untuk membuang kandungan udara yang ada dalam sistem hidraulik rem.

Udara yang terdapat didalam sistem hidraulik rem akan mengakibatkan tenaga pengereman tidak maksimal. Alasanya, udara dapat dikompresi. Dengan demikian tatkala pedal ditekan, maka tekanan itu akan terkompresi oleh udara didalam sistem hidraulik. Akibatnya rem bisa blong.

6. Brake Pad

Kampas rem (Brake Pad) merupakan suatu komponen yang berfungsi sebagai media gesek. Seperti yang disinggung sebelumnya, sistem pengereman bekerja dengan menggesekan dua material. Dua material itu adalah piringan dan kampas rem. Brake Pad terbuat dari berbagai bahan organik, keramik, dan metal.

7. Cakram dan teomol

8. Pelek roda atau pelak orang sering menyebut adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan ban pada kendaraan. ... Meneruskan tenaga dari mesin, ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan.

9. Kelebihan dan Kekurangan dari 3 Jenis dan Tipe Velg Motor Besi, Aluminium dan CW

Velg Sepeda Motor Jari-jari Besi (Spoke wheel) ...

U shape Rim (velg setengah lingkaran) Jari-jari Aluminium. ...

3. Velg Sepeda Motor Cast Wheel (CW)

10.

-tidak nyaman

-ban dan pelek rawan dan rusak

-ban aus sebelah

- tacometer dan odometer tidak akurat

Penjelasan:

semoga membantu

maaf jika salah

tolong berikan nilai terbaik :)


17. 1.jelaskan prinsip kerja sitem hidrolik2.sebutkan sistem komponen hidrolik3.sebutkan aplikasi sistem hidrolik4.jelaskan persamaan hukum pascal5.jelaskan keuntungan sistem hidrolikmksh yang udah jawab✨​


Jawaban:

1.sistem hidrolik adalah mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media zat cair. Mekanisme ini, bekerja berdasarkan hukum Pascal yang berbunyi “Tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup, maka akan diteruskan ke segala arah”.

2.-Pompa Hidrolik.

-Valve Kontrol.

-Aktuator

-Reservoir

-Fluida Hidrolik.

-Filter

-Pipa Aliran.

3.-Aplikasi pada Rolling Mill.

-Penerapan Hidrolik pada peralatan Mobil.

-Penerapan Hidrolik pada Mesin Perkakas.

-Penerapan Hidrolik pada Pesawat Udara.

-Penerapan Hidrolik pada Mesin Tekanan dan Pencetakan (Injeksi).

4.Hukum Pascal menyatakan bahwa Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar. ... Tekanan dalam fluida dapat dirumuskan dengan persamaan di bawah ini. P = F : A. sehingga persamaan hukum Pascal bisa ditulis sebagai berikut.

5.Beikut ini merupakan keuntungan, dengan menggunakan tenaga hidrolik adalah: Dapat Memindahkan tenaga yang besar, hanya dengan menggunakan komponen yang relatif kecil. Mudah karena adanya Pengontrolan dan pengaturan. Bisa dipindahkan dalam arah kebalikan (Reversible).

Penjelasan:

Semoga Membantu:)


18. Rem hidrolik pada mobil di buat berdasarkan hukum?


Rem h[id[rolik berdasarkan Hukum Pascal.
[  [F1/A1 = F2/A2
\        [F1 = gaya 1  F2 = gaya 2
\           A2 = luas penampang 1  A2 = luas penampang 2

19. komponen apa saja yang ada pada sistem rem mobil ? yang tromol mau pun cakram


Secara garis besar, bagian penting rem ada beberapa macam yaitu:

1. Drum : bagian silinder yang melekat pada roda,di kompensasikan pada brake shoe yang ditekan untuk menghentikan laju kendaraan

2. Brake lining : bagian yang di gesekan dengan sisi luar brake shoe yang menghasilkan daya pengereman

3. Return spring : bagian dari mekanisme rem yang mengembalikan posisi brake shoe ke posisi awal

4. Piston : bagian silinder yang mentransmisikan tekanan untuk menerima tekanan dari brake shoe

5. Wheel cylinder : jenis rol yang menerapkan tekanan pada roda ketika rem di aktifkan

6. Brake shoe : bagian dimana brake lining sudah di pasang

7. Brake pads : bagian yang diaktifkan oleh piston

8.;Brake line : tempat mengalirkannya cairan rem ke piston

9. Splash shield : pelindung yang mencegah masuknya kotoran ke dalam alat pengereman1. backing plate
untuk mengembalikan posisi kanvas & sepatu kanvas ke keadaan semula, saat rem kmbli dilepaskn
2. silinder roda
mendorong sepatu rem ke drum dg tekanan hidrolik yg dipindahkan ke master silinder
3. pegas pembalik
utk mngembalikn rem dlm keadaan semula
4. kanvas rem
5. sepatu rem

20. rem hidrolik pada mobil di buat berdasarkan hukum.....


Pascal (tekanan yg diberikan pd zat cair di ruang tertutup akan diteeuskan ke segala arah dgn sama rata). prinsip kerja rem hidrolik adalah bahwa untuk mendapatkan efek gaya yg besar dari gaya yg kecil, maka luas penampangnya harus diperbesar.
maaf kalau salahhukum pascal

ma'af klau jawaban saya salah

Video Terkait


Posting Komentar

0 Komentar