cermati hubungan antar dua makhluk hidup berikut ini !1) Benalu dan pohon jambu2) Ikan badut dan anemon3) Burung jalak dan kerbau4) Kupu-kupu dan tanaman bungaHubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh angka ....A. 1), 2), dan 3)B. 1), 2), dan 4)C. 1), 3), dan 4)D. 2), 3), dan 4)
1. cermati hubungan antar dua makhluk hidup berikut ini !1) Benalu dan pohon jambu2) Ikan badut dan anemon3) Burung jalak dan kerbau4) Kupu-kupu dan tanaman bungaHubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh angka ....A. 1), 2), dan 3)B. 1), 2), dan 4)C. 1), 3), dan 4)D. 2), 3), dan 4)
D. 2,3,dan 4
Penjelasan :
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain, dari pernyataan di atas yang merupakan simbiosis mutualisme ada pada nomor 2,3, dan 4
Semoga membantu :)
Jawaban:
D. 2,3,dan 4
2. cermati Hubungan antara dua makhluk hidup berikut 1 kupu-kupu dengan tanaman berbunga 2 benalu dengan pohon mangga 3 burung jalak dengan kerbau 4 ikan badut dengan anemon laut hubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh langkah( a.1 2 )dan 3( B)12 4(c) 1 3 dan 4 (D 234 apakah yang benar
b. 1 2 dan 4 soalnya kalo yang 2 itu kan parasitisme
3. 2. Cermati hubungan antar dua makhluk hidup berikut ini!1) Benalu dan pohon jambu2) Ikan badut dan anemon3) Burung jalak dan kerbau4) Kupu-kupu dan tanaman bungaHubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh angka ... .A. 1), 2), dan 3)C. 1), 3), dan 4)B. 1), 2), dan 4)D. 2), 3), dan 4)
A. 1,2,dan 3.
maaf kalau salah
4. cermati pernyatan berikut! 1. lalat buah dengan jambu 2.buaya dengan burung plaver 3. udang dengan mentimun laut 4. kelelawar berbulu wol dengan kantung semar 5.bakteri rhizobium dengan akar tanaman polong polongan Hubungan antara dua makhluk hidup yang merupakan simbiosis mutualisme ditujukan nomor a. 1,2,dan 3 b. 2,3,dan 4 c.2,4,dan 5 d.3,4,dan 5
seinget saya c kalo ngga salaha.
1.lalat buah dgn jambu
2.buaya dan burung plaver
3.udang dan mentimua laut
#maaf klo salah
5. Mata Pelajaran : Ilmu PengetahuanAlokasi Waktu : 120 MenitJumlah Soal : 40 ButirBentuk Soal : 35 Pilihan Ganda dan 5 Uraianmbakaran pabrikA. Pilihlah jawaban yang benar!3. Perhatikan beberapa kegiatan berikut!1) Membuang limbah yang sudah diolahsungai.Menyaring asap hasil pembakaran pMenggunakan pupuk organik.4) Mengelola lahan tandus.5) Melakukan rotasi tanaman.Cara menjaga kesuburan tanah yang teditunjukkan oleh angka....A. 1), 2), dan 3) C. 2). 4), dan 5)B. 2), 3), dan 4) D. 3), 4), dan 5)4. Cermati rantai makanan berikut!1) Padi - belalang katak - ular2) Rambutan belalang laba-lababurung prenjak3) Fitoplankton ikan kecil ikan besarburung bangau4) Mangga ulat burung ketilangular1. Ulat daun makan daun tanaman jeruk nipis. Jenissimbiosis yang terbentuk pada hubunganantarkedua makhluk hidup tersebut adalah ...A mutualisme, ulat daun dan tanaman jeruknipis keduanya diuntungkan sehingga per-tumbuhannya sama-sama meningkatparasitisme, ulat daun diuntungkan dantanaman jeruk nipis dirugikan karena prosesfotosintesis tanaman jeruk tergangguparasitisme, ulat daun dirugikan dantamaman jeruk nipis diuntungkan sehinggaproduksi buah jeruk nipis meningkatkomensalisme, ulat daun dan tanamanjeruk nipis keduanya tidak dirugikanmaupun diuntungkan2. Pasangan yang tepat antara hewan dan bentukpenyesuaian diri untuk memperoleh makananadalah ...B.D.HewanPenyesuaian DiriAburung elangpohonRantai makanan yang mungkin terjadi diekosistem kebun ditunjukkan oleh angka ....A. 1) dan 3) C. 2) dan 3)B., 1) dan 4)D. 2) dan 4)5. Suatu ekosistem memiliki ciri-ciri di antaranyaberupa perairan yang airnya menggenang, iklimdan cuaca dipengaruhi oleh lingkungansekitarnya, penetrasi cahaya matahari tidaksampai ke dasar perairan, dan suhu udara antarasiang dan malam hampir sama (15-30°C) Jenistumbuhan yang dapat beradaptasi pada kondisilingkungan tersebut adalah ...A mahoniC. kaktusB. terataiD. jatiB.bebekCayamD.burung pelatuk6. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihandapat membahayakan ekosistem di sekitar lahanpertanian sehingga perlu dibatasi. Pembatasanpenggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian,bertujuanA. mencegah terjadinya banjirB. mengurangi pencemaran udaraC. mencegah terjadinya eutrofikasiD. mencegah terjadinya tanah longsorllustrator: Galih W.S.(198) Detik-Detik USP SDMI
Jawaban:
B.2,3dan 4
C. 2 dan 3
A.mahoni
D mencegah terjadinya tanah longsor
6. Latihan Ujian Tertulis 3 USP SD/MIIlmu Pengetahuan AlamMata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan AlamAlokasi Waktu : 120 MenitJumlah Soal : 40 ButirBentuk Soal 35 Pilihan Ganda dan 5 UraianA. Pilihlah jawaban yang benar!m-9.1. Ulat daun makan daun tanaman jeruk nipis. Jenissimbiosis yang terbentuk pada hubunganantarkedua makhluk hidup tersebut adalahA mutualisme, ulat daun dan tanaman jeruknipis keduanya diuntungkan sehingga pertumbuhannya sama-sama meningkatB. parasitisme, ulat daun diuntungkan dantanaman jeruk nipis dirugikan karena prosesfotosintesis tanaman jeruk tergangguparasitisme, ulat daun dirugikan dantamaman jeruk nipis diuntungkan sehinggaproduksi buah jeruk nipis meningkatD. komensalisme, ulat daun dan tanamanjeruk nipis keduanya tidak dirugikanmaupun diuntungkan2. Pasangan yang tepat antara hewan dan bentukpenyesuaian diri untuk memperoleh makananadalah ..HewanPonyesuaian Diri3. Perhatikan beberapa kegiatan berikut!1) Membuang limbah yang sudah diolah kesungai2) Menyaring asap hasil pembakaran pabrik3) Menggunakan pupuk organik.4) Mengelola lahan tandus.5) Melakukan rotasi tanamanCara menjaga kesuburan tanah yang tepatditunjukkan oleh angka....A. 1), 2), dan 3) C. 2). 4), dan 5)B. 2), 3). dan 4) D. 3), 4), dan 5)Cermati rantai makanan berikut!1) Padi belalang katak - ular2) Rambutan belalang laba-laba →burung prenjak3) Fitoplankton →ikan kecil ikan besarburung bangau4) Mangga ulat burung ketilang-ularpohonRantai makanan yang mungkin terjadi diekosistem kebun ditunjukkan oleh angka..A. 1) dan 3) C. 2) dan 3)B. 1) dan 4) D. 2) dan 4)5. Suatu ekosistem memiliki ciri-ciri di antaranyaberupa perairan yang airnya menggenang, kim,dan cuaca dipengaruhi oleh lingkungansekitarnya, penetrasi cahaya matahari tidaksampai ke dasar perairan, dan suhu udara antarasiang dan malam hampir sama (15-30°C). Jenstumbuhan yang dapat beradaptasi pada kondisilingkungan tersebut adalah ...A. mahoniC. kaktusB terataiD jati6. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihandapat membahayakan ekosistem di sekitar lanapertanian sehingga perlu dibatasi. Pembatasapenggunaan pupuk kimia pada lahan pertanianbertujuanA mencegah terjadinya banjirB. mengurangi pencemaran udaramencegah terjadinya eutrofikasiD. mencegah terjadinya tanah longsor10.Aburung elangB.bebekayamDburung pelatukllustrator: Galih WS198) Detik-Detik USP SD/MI
1.A
3.D
4.C
5.B
6.D
10.D
Penjelasan:
mutualisme
3,4,dan5
2 dan 3
teratai
mencegah terjadinya tanah longsor
burung pelatuk
7. P1DMKSEEN NEGARASANGAT RAHASIAMU PENGETAHUAN ALAM SD/MIL SOAL PILIHAN GANDAberikut yang merupakan simbiosis parasitismeHubungan antara dua makhuk hidup benadalahA tanaman paku dan pohon besarB. kupu-kupu dan tanaman bungaC. tali putri dengan tumbuhan inangnyaD. ilalang dengan tumbuhan di sekitarnyaCermati tabel berikut!Cara BeradaptasiNo. Nama Makhluk HidupMenyimpan air dalam tubuh11. UntaMenyengat musuhnya2. BunglonMengubah warna kulit tubuh3. KalajengkingMenyemprotkan air4. Cumi-cumiBersembunyi dalam cangkang5. SiputPasangan makhluk hidup dengan cara beradaptasi yang tepat adalah....A. 1 dan 5B. 2 dan 5C. 3 dan 4D. 4 dan 53. Usaha yang dapat dilakukan dalam menjaga kelestarian kawasan pesisir dan laut adalahA. menangkap ikan dengan jaring yang lubangnya kecilB. membuang sampah di pesisir pantaiC. mempertahankan hutan mangroveD. membuang limbah industri ke laut4. Pada sebuah ekosistem terdapat tumbuhan bayam, belalang, burung pemakanserangga, elang. Apabila burung pemakan serangga banyak diburu oleh manusia.Kejadian yang mungkin terjadi adalah ....A. populasi elang semakin meningkatB. populasi belalang semakin menurunC. populasi tumbuhan bayam meningkatD. hasil panen tumbuhan bayam menurun5. Pada saat musim kemarau beberapa tumbuhan akan melakukan adaptasi untukmengurangi penguapan Pohon kedondong akan beradaptasi dengan caraA. menggugurkan daunnyaB. menggulung daunnyaC. menghasilkan bungaD melebarkan daunnyaHak Cipta pada Dinas Dikpora Kabupaten JomIPA-SD/MI-PI-2019/2020
1.c.tali putri dengan tumbuhan inangnya
2.a.1dan5
3c.mempertahankan hutan mamgrove
4.d.hasil panen tumbuhan bayam menurun
5.a.mengugurkan daunnya
8. 1. Dibawah ini yang termasuk struktur teks eksplanasi ialah... a. Pengenalan fenomena b. Rangkaian peristiwa c. Ulasan d. Pernyataan umum 2. Jika Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, maka uraiannya akan bersifat... a. kausalitas b. kronologis c. umum d. khusus 3. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi adalah... a. Pengenalan fenomena b. Rangkaian peristiwa c. Ulasan d. simpulan 4. Teks eksplanasi bertujuan... a. menyatakan hasil laporan observasi b. menyajikan hiburan c. menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya d. menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal Perhatikanlah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6! Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang. 5. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dar... a. Kronologis (urutan peristiwa) b. Sebab atau akibat c. Pengenalan fenomena d. Asal-asul peristiwa 6. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah... a. belakangan ini b. menjadikan c. tidak berlebihan d. berdampak 7. Perhatikanlah kutipan teks berikut ini! Semua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen. Penggambaran rangkaian kejadian dalam kutipan teks di atas disusun dengan pola... a. kronologis b. kausalitas c. umum d. khusus 8. Perhatikanlah kutipan teks berikut ini! Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali [...] banyak [...] orang dewasa. Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak, [...] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya [...] kita menjauhkan ponsel dari anak-anak sejak dini. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... a. Sama, dengan, untuk, kalau b. Lebih, daripada, bagi, jika c. Sama, dengan, kepada, apabila d. Lebih, daripada, meskipun, jika 9. Cermatilah kutipan berikut! Beberapa kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] Pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan [...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk [...] tidak segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... a. biarpun, untuk, kalau b. walaupun, bagi, bilamana c. meskipun, bahwa, jika d. walaupun, karena, seandainya 10. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah... a. simpulan / intisari dari gagasan yang dibahas b. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel c. peryataan tantang topik yang sedang dibahas d. informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
Jawaban:
1:D
2:B
3:D
4:C
5:B
6:A
7:C
8:D
9:C
10:B
Penjelasan:
Maaf kalau salah
Semoga membantu
9. penataanmukaanPablostermbuhanmenyahtapisan bioidoltempatbagilingkungaanya efek pengganda (Multipliersetiapngaruhione amung berhubunganEneon0 konsentrasid. adanya kongHal-hal di atas yang harus diperhatikanuntuk penyusunan RTRW nasional adalahantunganTeori kutubyang meliputi28 Thun 2007 Tentang P.Proton ruang adalahno soltan seluruh Doryang merupakan lapisana hidup tumbuh-tumsancian manusiameropakanonen-komponendalam melakukanyaitu saling mempeng28/), dan saling ketergantuDendens/)dalah wadah yangrat ruang laut danmasuk ruang di dalamatu kesatuan wilayahJan makhluk lainkegiatan, dan memelan hidupnyausia hidup dan bekerjapat tinggal meengan lingkungannyasuk klasifikasi penawilayah adminisan ruangalam bumian tempat20masuruanlainhiduponsentrasi kegiatan industrinya konsentrasi geografismendorong ke daerah disekitarnyaKutub Pertumbuhan menyatakankuatan sentrifugal adalahmenarik kegiatan yang langsungberhubungan dengan kegiatan industrimenarik timbulnya kegiatan baru yangtidak berhubungan langsung dengankegiatan industrimenarik sektor perdagangan kewilayah tersebutmenarik banyak penduduk untukpindah ke daerah tersebutmempercepatpembangunanpermukiman di sekitar wilayahTeori Polarisasi Ekonomi dinyatakan olehemeliharaosaat manusiasi penataanministrasiinterndan sistemb.dung dan kawasanta, desa, dan desaab.wilayah nasionalkotanasional, provinsia 1 dan 5d. 2 do 5b2 dan 461 dan 3o 3 dan 5Di bawah ini yang merupakan fungsipenyusunan RTRW provinsi adalahmewujudkankoterpaduanpembangunan dalam wilayah provinsic./mewujudkan keserasian pembangunanwilayah provinsi dengan wilayahsekitarnyamenjamin terwujudnya tata ruangwilayah provinsi yang berkualitasacuan dalam pemanfaatan ruang I16.pengembangan wilayah provinsipenetapan kawasan strategiskabupatenMyrdalSuatu proses untuk membagi permukaanChristallerbumi menjadi beberapa bagian danHirschmanmenonjolkan unsur-unsur tertentu disebutPerrouxFriedmannperwilayahan17. Dampak negatif darigeneralisasi wilayahTeori PolarisasiEkonomi adalah ...regional wilayahbertambah sempitnya lahan perkotaanpengembangan wilayahpeningkatan pedagang asonganpengelompokan wilayahtingginya potensi pencemaran22. Berikut yang tidak termasuk dalam tujuanperubahan tata ruang wilayahRTRW kota adalah ..pedoman untuk penyusunan rencanae. kondisi lingkungan kotorrinci tata ruang di wilayah kotaJangka waktu rencana tata ruang wilayahmewujudkan keterpaduan pem-nasional adalah ....bangunan dalam wilayah kabupatena lima tahunacuan dalam penyusunan RencanaPembangunan Jangka Panjang Daerahb. sepuluh tahun(RPJPD) dan Rencana Pembangunanlima belas tahunJangka Menengah Daerah (RPJMD)mewujudkanuntukd. dua puluh tahunacuanmbangan pembangunan dalame dua puluh lima tahun19. Perhatikan hal-hal berikut denganSalam administrasi pertanahancermat!vang termasuk peryataan dalam23. Berikut ini yan1) Wawasan Nusantara.bertumbuhan adalah pusat-2) Ketahanan Negara.at dalam arti keruangan yang3) Perkembangan masalah regional danglobal.setiap4) Pemanfaatan ruang darat, laut, danwilayah memiliki pusattumbuhan yang mampu menarikudara.asuknya tenaga kerja, modal dan5) Keharmonisan antara lingkungan alambarang dagangandan buatanang yang benar18.Bupaten, RTRWRW nasional,W provinsikotaV nasjonaltensi, RTRWwilayah kotaacuan dalam administee.Central Place Theory adalaha, Kutub pertumbpusat dalamabstrakFi wilayahoh..al danpertumbuh17Semester 1
terlalu panjang ini cukk gw jadi sulit bacanya
10. DOKUMEN NEGARAIP1ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MISANGAT RAHASIAI. SOAL PILIHAN GANDAerikut yang merupakan simbiosis parasitisme1. Hubungan antara dua makhuk hidupadalah ....A. tanaman paku dan pohon besarB. kupu-kupu dan tanaman bungaC. tali putri dengan tumbuhan inangnyaD. ilalang dengan tumbuhan di sekitarnya2. Cermati tabel berikut!No. Nama Makhluk Hidup1. Unta2. BunglonKalajengkingCumi-cumi5. SiputCara BeradaptasiMenyimpan air dalam tubuhMenyengat musuhnyaMengubah warna kulit tubuhMenyemprotkan airBersembunyi dalam cangkangPasangan makhluk hidup dengan cara beradaptasi yang tepat adalah....A. 1 dan 5B. 2 dan 5C. 3 dan 4D. 4 dan 53.Usaha yang dapat dilakukan dalam menjaga kelestarian kawasan pesisir dan laut adalahA. menangkap ikan dengan jaring yang lubangnya kecilB. membuang sampah di pesisir pantaiC. mempertahankan hutan mangroveD. membuang limbah industri ke laut4. Pada sebuah ekosistem terdapat tumbuhan bayam, belalang, burung pemakanserangga elang. Apabila burung pemakan serangga banyak diburu oleh manusia.Kejadian yang mungkin terjadi adalah ....A. populasi elang semakin meningkatB. populasi belalang semakin menurunC. populasi tumbuhan bayam meningkatD. hasil panen tumbuhan bayam menurun5. Pada saat musim kemarau beberapa tumbuhan akan melakukan adaptasi untukmengurangi penguapan. Pohon kedondong akan beradaptasi dengan cara ....A. menggugurkan daunnyaB. menggulung daunnyaC. menghasilkan bungaD. melebarkan daunnyaIPA-SD/MI-P1-2019/2020Hak Cipta pada Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana
Jawaban:
1.C
2.A
3.C
4.D
5.A
semoga membantu:)
11. Dan komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan, yaitudengan urutana (5), (3), (4), (1. dan (2)e. (2), (5), (3), (4), dan (1)b) (3), (4), (5). (1). dan (2)d. (5), (3), (4), (2), dan (1)13 Interaksi antara makhluk hidup berikut yang merupakan contoh simbiosis parasitismeadalahRayap dengan flagellatae Cacing ascaris dalam usus anakb. Ikan remora dengan hiud Bakteri kolon dengan manusia14. Cermati hubungan antara dua makhluk hidup berikut!(1) Kupu-kupu dengan tanaman berbunga.(2) Benalu dengan pohon mangga(3) Burung jalak dengan kerbau.(4) Ikan badut dengan anemon lautHubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukan oleh nomor...a (1). (2). dan (3)c. (1), (3), dan (4)b. (2), (3), dan (4)d (1), (2). dan (4)15. Sampah berikut ini yang sulit diurnikan oleh mikroorganisme adalaha Daun keringc. Plastikb. Kulit pisangd. Kotoran hewan16. Polutan yang paling banyak menceman udara perkotaan yang padat kendaraan bermotoradalaha CEGb. COd H2017. Berikut ini cara menghindarkan ekosistem dari pencemaran yang ditimbulkan olehaktivitas manusia. Kecualia Penggunaan pupuk buatan dan peptisisda sesum dosis yang ditentukanb. Melakukan daur ulang sampah plastike Menanam berbagai pohon di taman kotad. Memakai pendingin ruangan yang sesuai CPC18. Berikut ini usaha untuk menanggulangi pencemaran, kecuali...a Melakukan penghijauanc. Tidak membuang kotoran ke sungaib Memakai peptisida sesuai aturan d. Membuka lahan pertanian barutas nabrik merupakan faktor utama penyebab pencemaranс. Со
Jawaban:
13. e
14. c
15. c
16. b
17. d
18. b
Penjelasan:
maaf kalau salah
semoga membantu ya :)
12. A.Satuan-satuan Ekosistem Setiap makhluk hidup memerlukan tempat tinggal dan berkembang biak, yang disebut habitat. Kesatuan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut dengan ekosistem. Satuan-satuan ekosistem diantaranya :1.Individu Individi dapat diartikan sebagai satu organisme, misalkan seekor kambing, dll2.PopulasiPopulasi merupakan sejumlah individu sejenis yang menetap di suatu daerah pada waktu tertentu. Misalnya populasi singa, populasi unta, dll.3.Komunitas Komunitas merupakan selurih populasi yang hidup bersama dalam suatu daerah. Misalnya populasi rumput, serangga dan harimau dalam suatu daerah padang rumput membentuk suatu komunitas.4.Ekosistem Ekosistem terbentuk dari interaksi anggota konunitas dengan benda tak hidup. Ekosistem terbagi dua yaitu ekosistem alami (terbentuk secara alami tanpa bantuan manusia) misalnya sungai, danau dan ekosistem buatan ( terbentuk sebagai hasil kerja manusia) misalnya waduk, sawah, akuarium, dll.5.Biosfer Biosfer merupakan kumpulan ekosistem yang terdapat di muka bumi.B. Komponen Ekosistem Komponen ekosistem terdiri atas :1.Komponen Abiotik, terdiri atas benda-benda tidak hidup diantaranya air, udara, cahaya matahari2.Komponen Biotik, terdiri atas makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan zat renik.C. Pola interaksiBeberapa pola interaksi antarorganisme :1.Netralisme Netralisme merupakan hubungan yang tidak saling mempengaruhi meskipun organisme-organisme hidup pada habitat yang sama. Contohnya kambing dan katak dan katak di habitat sawah, kambing makan rumput siang hari dan katak makan serangga pada malam hari.2.KompetisiKompetisi merupakan bentuk interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi yang saling bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang. Sarana pertumuhan yang sering menjadi pembatas dan menyebabkan persaingan adalah udara, air, nutrisi, cahaya dan ruang. Contohnya belalang dan ulat di suatu pohon, kambing dan kelinci di dataran rumput.3.Predasi Predasi merupakan interaksi antara pemangsa ( predator ) dan mangsa, misalnya tikus dengan ular, zebra dengan singa.4.ParasitismeParasitisme merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak mendapatkan keuntungan dan pihak lainnya dirugikan. Contohnya cacing pada tubuh manusia atau benalu yang menempel di pohon.5.Mutualisme Mutualisme merupakan interaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Misalnya tanaman bungan dengan hewan penyerbuk, bakteri usus pada tubuh manusia, dll.6.Komensialisme Interaksi ini hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan. Contohnya ikna remora dengan ikan hiu.7.Amensalisme Amensalisme atau simbiosis adalah interaksi organisme dimana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Contohnya antibiotik yang dapat menghambat dan membunuh mikroorganisme lainnya.Setelah mempelajari satuan, komponen dan pole interaksi maka :1.Baca dengan cermat data hasil pengamatan atau contoh peristiwa yang terjadi tentang ineteraksi makhluk hidup dengan lingkungannya2.Tentukan pola interaksi dari tabel berikut!
Jawaban:
1 pada 17 yang dipasang di waktu yang tepat berada pada posisi yang dipasang di atas sudah sesuai dengan kata kunci pada judul bacaan diatas apa kata kunci pada judul bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu apa kata kunci pada judul bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu apa kata kunci
2 jakun menonjol di pinggir jalan dalam waktu lama untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang mendapatkan 9 yang lain pada umumnya ditarikan yang dipasang dan mempersembahkan korban untuk mendapatkan nilai 61 dan lebar penis meningkatkan kesejahteraan masyarakat melakukan olahraga
13. Cermati hubungan antara dua makhluk hidup berikut! 1)kupu kupu dengan tanaman berbunga 2)Benalu dengan pohon mangga 3) Burung jalak dengan Kerbau 4)Ikan badut dengan anemon laut Hubungan Yang termasuk simbiosis dan mutualisme ditunjukkan oleh nomor? a.1),2),3) b.1),2),4) c.1),3),4) d.2),3),4) Dijawab ya dikumpul besok :))
c. 1,3,4
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
14. D.tanaman17.berikut!Cermati hubungan antara dua makhluk hidup1) Kupu-kupu dengan tanaman berbunga.2)Benalu dengan pohon mangga.3) Burung jalak dengan kerbau.Ikan badut dengan anemon laut.Hubungan yang termasuk simbiosis mutualis-me ditunjukkan oleh angka.4)A. 1), 2), dan 3)B.1), 2), dan 4)1), 3), dan 4)D. 2), 3), dan 4)
Jawaban:
1,3 dan 4
Penjelasan:
Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling menguntungkan satu sama lain. Dalam hubungan ini, artinya kedua organisme sama-sama tidak ada yang dirugikan. Artinya organisme yang terlibat membutuhkan satu sama lain untuk bertahan hidup.
Contoh mutualisme
Bunga dan kupu-kupu, kupu-kupu akan hinggap dan menghisap nektar dari bunga. Kupu-kupu mendapat keuntungan berupa makanan, sementara bunga akan dibantu proses penyerbukannya.Burung jalak dan kerbau, burung jalak memakan kutu yang ada di punggung kerbau. Jalak mendapat keuntungan berupa makanan, sementara kerbau akan dibantu karena rasa gatal di punggungnya jadi hilang.Jamur dan tanaman alga, jamur akan membuat lingkungan menjadi lembab. Tanaman alga mendapat keuntungan karena bisa melakukan proses fotosintesis, sementara jamur juga bisa mendapat makanan dari fotosintesis yang dilakukan tanaman alga.semoga membantu :)
Jawaban:
C. 1), 3), dan 4)
Penjelasan:
simbiosis mutualisme: sama² menguntungkan
simbiosis komensalisme : yang satu diuntungkan yang satu tidak dirugikan
simbiosis parasitisme: yang satu menguntungkan yang satu di rugikan
15. 1.Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri laporan hasil observasi adalah...a.bersifat objektifb.ditulis berdasarkan faktac.ditulis secara lengkapd.mengandung hal-hal yang bersifat menyimpange.apa adanya2.Bacalah paragraf berikut dengan cermat! Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Disebut wayang suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput ( bahasa Jawa : suket ). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa desa Jawa. Gagasan utama pada paragraf di atas adalah..a.Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket.b.Disebut wayang suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit.c.Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput ( bahasa Jawa : suket ).d.Tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput disebut wayang suket.e.Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa- desa Jawa.3. Struktur pembentuk teks laporan hasil observasi adalah…a.Pernyataan umum/klasifikasi, deskripsi bagian, deskripsi manfaat.b.Deskripsi bagian , pernyataan umumc.Pernyataan umum ,deskripsi manfaatd.Deskripsi bagian, deskripsi manfaate.Pernyataan umum , deskripsi manfaat,deskripsi bagian4.Di bawah ini yang bukan termasuk kalimat definisi adalah…a.Mamalia adalah hewan yang menyusui.b.Darah adalah cairan merah yang kental.c.Hewan pemangsa dan pemakan daging meliputi harimau.d.Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi.e.Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.5.Yang termasuk kalimat deskripsi adalah…a.Binatang yang menyusui disebut mamalia.b.Harimau adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.c.Komodo adalah hewan melata terberat di dunia.d.Bulunya berwarna putih dan coklat keemas-emasan.e.Harimau termasuk hewan penyendiri.6. Di bawah ini yang termasuk kalimat deskripsi adalah…a.Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.b.D’ Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu Jawa Timur.c.Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu menuju hilir.d.Wayang klithik berbentuk pipih , keras ,dan berwarna warni.e.Suku Baduy adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak,Banten.7.Deretan kata di bawah ini yang termasuk nomina adalah…a.berkelompok, memilah,membagikanb.bagian,pengelompokan,pengecilan.c.penggolong,menggolongkan,dibagikan.d.dibagikan,persamaan,berkelompok.e.membagi,membedakan,pembagian.8. Di bawah ini yang termasuk kalimat simpleks adalah…a.Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.b.Tanaman itu akan tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya,c.Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri sedangkan hewan tidak.d.Vertebrata mempunyai tulang belakang sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang.e.Kera,tumbuh-tumbuhan,ikan,dan bunga adalah contoh benda hidup.9.Jika kita membandingkan dua teks, dalam mencari persamaannya kita bisa dengan melihat kata penghubungnya. Kata penghubung yang menyatakan persamaan yaitu…a.Sebaliknyab.Berbeda dengan ituc.Sedangkand.Hal yang berbedae.Demikian juga10. Yang merupakan deretan kata sifat adalah…a.cantik,bangun,gulatb.kuat,buka,gembirac.teliti,sedih,lemahd.unik,makan,ubahe.ganti,tua,asal11. Bacalah penggalan teks yang berjudul Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda berikut ini dengan cermat ! Narkoba benar-benar membahayakan nasib bangsa ini di masa depan. Efek kerusakan akibat narkoba ini tidak hanya mengenai diri sendiri,tetapi juga orang orang di sekitarnya. Tak hanya dalam skala kecil seperti keluarga,tetapi juga dalam skala besar,miras,dan narkoba akan menghancurkan sendi-sendi pembangunan nasional.Secara ekonomi, akan sangat banyak dana yang dihambur-hamburkan untuk membeli barang haram itu,kemudian mengobati mereka,membiayai berbagai upaya pencegahan bahayanya.Belum lagi efeknya bagi pertahanan dan keamanan nasional.Penggalan paragraf di atas merupakan teks eksposisi bagian…a.tesisb.argumentc.rekomendasid.pernyataan umume.sarantolong dong yang bisa aja
Jawaban:
1.A
Penjelasan:
bersifat objektif
semoga membantu
16. Bacalah kutipan cerpen berikut! Untuk soal 8, dan 9 Regina adalah anak yang berprestasi, dia menjadi juara umum di sekolahnya. Ia adalah sosok murid teladan bagi anak-anak yang lainnya. Sikapnya yang ramah dan ceria membuat semua orang menyukainya, Namun tak ada yang tahu, bahwa dibalik semua itu Regina merupakan sosok yang kuat. Dia adalah anak broken home. Orang tuanya berpisah ketika ia berumur tiga tahun, ketika ia masih tak mengerti apa-apa. Ia tinggal bersama ibunya, namun ia pun masih berhubungan baik dengan ayah kandungnya. Ia selalu berpendapat bahwa keadaan keluarga bukanlah hambatan untuk meraih prestasi.8. Alur yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah .. A. campuran B. ganda C. mundur D. maju 9. Amanat yang ingin disampaikan penulis dalam cerpen di atas adalah.. A. kita harus jadi anak yang baik B. keadaan keluarga bukan hambatan meraih prestasi C. orang tua adalah segalanya D. tidak semua orang bernasib baik 10.Bacalah kutipan cerpen berikut! “Allah adalah Maha Adil. Jika sempit dunia ini bagimu berdua, maka alam akhirat adalah lebih luas dan lapang, di sanalah kelak makhluk menerima balasan dari kejujuran dan kesabarannya, bukan mimpi dan bukan tonil. Kami pun dalam menunggu titah pula, sebab ada masanya datang dan masanya pergi. Tema kutipan cerpen tersebut adalah... A. keimanan B. kebudayaan C. pendidikan D. ketuhanan11.Cermati kalimat rumpang berikut! Anak-anak dikhawatirkan akan mudah terhasut oleh berita-beritu bohong atau hoaks yang marak di berbagai media [...] mereka tidak memiliki kecerdasan literasi yang cukup memadai. Kata tugas yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada kalimat di atas adalah... A. Dan B. jika C. maka D. karena 12.Perhatikan kalimat berikut! 1) Pemilihan Presiden sebentar lagi akan dilaksanakan. 2) Sebagai warga negara yang baik anda harus menggunakan hak pilih anda dengan bijaksana. 3) Artinya Anda harus memilih calon Presiden terbaik yang mampu membawa kebaikan bagi bangsa ini. 4) Oleh karena itu itu saya mengajak anda jangan skeptis dengan menyia-nyiakan suara Anda. 5) Mari, gunakan hak pilih Anda dengan benar dan bijaksana. Kutipan pidato tersebut termasuk pada bagian..A. Pembuka B. Kesimpulan C. Isi D. Penutup 13.Kalimat berikut merupakan kalimat pasif.A. Penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. B. Sekitar 5 juta dari penyalah guna narkoba, 40-50 orang per hari meninggal karena narkoba. C. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda akan menjadi ancaman serius bagi kualitas generasi bangsa kita. D. Negara dirugikan oleh 60 jaringan narkoba yang beroperasi di Indonesia. 14.Kalimat yang menggunakan kosakata bidang ilmu (istilah) adalah A. Sampah merupakan masalah yang cukup penting dalam kehidupan. B. Pengelolaan sampah yang baik bisa kita lakukan dengan berbagai cara. C. Banyak efek negatif yang di akibatkan sampah terhadap lingkungan. D. Sampah organik dapat dikelola dengan membuatnya menjadi kompos. 15.Berikut ini yang termasuk pembuka dalam sebuah pidato adalah A. Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri Bunga Bangsa. B. Kemerdekaan adalah sebuah anugerah yang patut kita syukuri. C. Mari kita jaga lingkungan kita agar tetap nyaman untuk ditinggali D. Sekian dari saya. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. 16.Simaklah teks berikut! Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan mencegah penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut. Kutipan pidato persuasif tersebut terdapat pada bagian A. Pembukaan B. pernyataan posisi C. Tahap argumen D. Penguatan pernyataan posisi
Jawaban:
8. A.
9. B.
10. A.
11. B.
12. A.
13. A.
14. B.
15. A.
16. C.
( Maaf kalo salah ) (。ŏ﹏ŏ)
Semoga bermanfaat dan Membantu dan Terimakasih Selamat mengerjakan tugas •́ ‿ ,•̀
17. 1. Beberapa siswa mengamati kolam yang ada di sekitar sekolah. Di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas dan ikan mujair. Ada yang besar dan ada beberapa yang masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam disebut.... a.individub. populasic. komunitas d. ekosistem2. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat.(1) Ikan karnivor.(2) Bakteri pengurai.(3) Fitoplankton.(4) Ikan herbivor.(5) Zat-zat organik.Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yaitu dengan urutan....a. (3), (4), (5), (1), dan (2)b. (2), (5), (3), (4), dan (1)c. (5), (3), (4), (2), dan (1)d. (5), (3), (4), (1), dan (2)3. Penebangan dan pembakaran hutan dapat menyebabkan perubahan lingkungan, yaitu....a. tanah menjadi tandusb. tanaman tumbuh suburc. air tersedia melimpahd. udara terasa segar4. Berikut beberapa cara pengelolaan sampah organik yang dapat menguntungkan adalah....a. makanan ternak, pengomposan, dan biogasb. pengomposan, biogas, dan pembakaranc. sanitary landfill, daur ulang, dan pembakarand. makanan ternak, daur ulang dan biogas5. Akibat membuang sampah tidak pada tempatnya dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Usaha untuk menang-gulanginya adalah....a. mengolah sampah untuk makanan ternakb. menimbun sampah plastik di dalam tanahc. mengolah sampah untuk pupuk komposd. dibuang ke sungai agar tidak menumpuk6. Pencemaran yang terjadi di daerah perkotaan dapat diatasi dengan....a. mengurangi produksi kendaraanb. melarang pengusaha mendirikan pabrik c. menghentikan penggunaan bahan bakar minyakd. melakukan reboisasi di sepanjang jalan kota7. Salah satu pencemaran lingkungan adalah pencemaraan air. Pencemaraan air adalah....a. masuknya polutan zat cair dan zat padat ke dalam ekosistem airb. masuknya polutan zat cair dan padat ke dalam tanahc. pencemaraan oleh gas-gas kendaraan bermotord. rusaknya ekosistem air karena terlalu banyak ikan yang hidup8. Di dalam rumah terdapat kolam dan di dalamnya terdapat batu-batuan, ikan, dan tumbuhan air yang saling berinteraksi. Batuan dan makhluk hidup dalam kolam tersebut merupakan....a. individub. populasic. komunitasd. ekosistem9. Peristiwa yang terjadi pada rantai makanan adalah....a. berkurangnya produsenb. penentuan jenis makananc. perpindahan energid. perubahan lingkungan10. Cermati hubungan antara dua makhluk hidup berikut!(1) Kupu-kupu dengan tanaman berbunga.(2) Benalu dengan pohon mangga.(3) Burung jalak dengan kerbau.(4) Ikan badut dengan anemon laut.Hubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh nomor....a. (1), (2), dan (3)b. (2), (3), dan (4)c. (1), (2), dan (4)d. (1), (3), dan (4)Tolong bantu jawab ya:) Makasih
Beberapa siswa mengamati kolam yang ada di sekitar sekolah. Di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas dan ikan mujair. Ada yang besar dan ada beberapa yang masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam adalah disebut populasi (Jawaban: B).
PembahasanSoal nomor 1
Beberapa siswa mengamati kolam yang ada di sekitar sekolah. Di dalamnya terdapat sejumlah ikan yaitu ikan mas dan ikan mujair. Ada yang besar dan ada beberapa yang masih kecil. Sekelompok ikan mas dalam kolam disebut populasi.
Jawaban: B
Populasi merupakan kumpulan dari individu yang sejenis.
Pelajari lebih lanjut tentangf populasi di: https://brainly.co.id/tugas/21103420.
Soal nomor 2
Dalam suatu ekosistem kolam terdapat.
(1) Ikan karnivor.
(2) Bakteri pengurai.
(3) Fitoplankton.
(4) Ikan herbivor.
(5) Zat-zat organik.
Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yaitu dengan urutan (5), (3), (4), (1), dan (2).
Jawaban: D
Zat organic merupakan makanan bagi fitoplankton atau alga, selanjutnya alga akan dimakan oleh ikan herbivore, ikan hebivora akan dimakan ikan karnivora. Ikan karnivora yang mati akan diuraikan oleh bakteri pengurai.
Pelajari lebih lanjut tentang rantai makanan di: https://brainly.co.id/tugas/21871724.
Soal nomor 3
Penebangan dan pembakaran hutan dapat menyebabkan perubahan lingkungan, yaitu tanah menjadi tandus.
Jawaban: A
Penebangan serta pembakaran hutan akan membuat tanah menjadi tandus, terjadi erosi, banjir bandang, berkurangnya paru-paru dunia dan global warming.
Soal nomor 4
Berikut beberapa cara pengelolaan sampah organik yang dapat menguntungkan adalah makanan ternak, pengomposan, dan biogas
Jawaban: A
Beberapa cara mengolah sampah organic antara lain dijadikan pengomposan, pembuatan pupuk cair, biogas dan lain sebagainya.
Soal nomor 5
Akibat membuang sampah tidak pada tempatnya dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Usaha untuk menanggulanginya adalah mengolah sampah untuk pupuk kompos.
Jawaban: C
Beberapa cara mengolah sampah organic antara lain dijadikan pengomposan, pembuatan pupuk cair, biogas dan lain sebagainya.
Soal nomor 6
Pencemaran yang terjadi di daerah perkotaan dapat diatasi dengan melakukan reboisasi di sepanjang jalan kota.
Jawaban: D
Kegiatan penghijauan di sepanjang jalan kota dapat mengurangi emisi gas karbondioksida dan beberapa bahan pencemar udara.
Soal nomor 7
Salah satu pencemaran lingkungan adalah pencemaraan air. Pencemaraan air adalah masuknya polutan zat cair dan zat padat ke dalam ekosistem air.
Jawaban: A
Pencemaran air dapat terjadi akibat pembuangan limbah rumah tangga, limbah pabrik atau limbah pertanian serta limbah usaha lainnya langsung ke sungai.
Pelajari lebih lanjut tentang pencemaran air di: https://brainly.co.id/tugas/22309284.
Soal nomor 8
Di dalam rumah terdapat kolam dan di dalamnya terdapat batu-batuan, ikan, dan tumbuhan air yang saling berinteraksi. Batuan dan makhluk hidup dalam kolam tersebut merupakan ekosistem.
Jawaban: D
Ekosistem merupakan hubungan timbale balik antara faktor biotik dan faktor abiotik di dalam suatu lingkungan.
9. Peristiwa yang terjadi pada rantai makanan adalah perpindahan energy.
Jawaban: C
Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan dimana akan melibatkan adanya perpindahan energy antar komponen rantai makanan.
Soal nomor 10
Cermati hubungan antara dua makhluk hidup berikut!
(1) Kupu-kupu dengan tanaman berbunga.
(2) Benalu dengan pohon mangga.
(3) Burung jalak dengan kerbau.
(4) Ikan badut dengan anemon laut.
Hubungan yang termasuk simbiosis mutualisme ditunjukkan oleh nomor (1), (3), dan (4).
Jawaban: D
Sismbiosis mutualisme merupakan hubungan dua individu yang saling menguntungkan.
Detil jawabanKelas: VII
Mapel: Biologi
Bab: Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Kode: 7.4.8
#AyoBelajar
18. L PILIHAN BERGANDABerilah tanda silang ( pada huruf a,b,c atau dyang merupakan jawaban yang benar dan tepat !1. Cermati kalimat berikut ini!Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.Makna sumber energi panas terbesar adalah ....A. Sumber panas utama di bumi yang digunakan olehmakhluk hidupB. Semua makhluk hidup memerlukan energi panasmatahariC. Energi panas matahari membantu proses pembuatanmakanan pada tumbuhanD. Energi panas matahari dapat menerangi bumisehingga udara di bumi menjadi hangat2. Dalam sebuah bacaan terdapat satu atau beberapa katakunci. Fungsi kata kunci dalam bacaan adalahA. Agar lebih menarikB. Untuk mempermudah memahmi isi bacaanC. Untuk memperindah tulisanD. Mempermudah menjawab pertanyaan3. Bacalah dengan cermat paragraf berikut ini!Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebutsumber energi panas. Sumber energi panas dapat kitajumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Mataharimerupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhlukhidup memerlukan energi panas matahari. Energi panasmatahari membantu proses pembuatan makanan padatumbuhanyang disebut sebagai proses fotosintesis.Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadisumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasukmanusia.Kata-kata kunci yang tepat pada paragraf tersebutadalah....A. Energi panas, sumber energi, proses FotosintesisB. Energi panas, sumber energi, matahariC. Energi panas, sumber energi, makhluk hidupD. Proses fotosintesis, matahari, makhluk hidup4. Bacalah dengan seksama paragraf berikut!Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.Energi panas merupakan salah satu energi yang dapatditerima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatanglogam dipanaskan dengan api, batang logam tersebutmendapatkan energi panas dari api. Energi panasmembuat batang logam tersebut menjadi panas.Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panassuatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkatenergi panas benda tersebut.diterima dan dilepaskan oleh suatuB. Panas atau kalor adalah energi yandan dilepaskan oleh suatu benda. Sadalah besaran yang menyatakanbendaC. Suhu adalah besaran yang menyatsuatu bendaD. Alat untuk mengukur suhu disebut5.Bacalah paragraf berikut!Semua makhluk hidup yang ada di bumhubungan dengan sesama makhluk hidlingkungannya. Lingkungan alam terdiridan makhluk hidup. Lingkungan alampenghidupan bagi makhluk hidup, karermenyediakan semua kebutuhan AnakhluKalimat pertanyaan yang tepat sesuai dtersebut adalah ....A. Apa peran makhluk hidup di Ibumi?B. Bagaimana makhluk hidup mielangsdi bumi?C. Kapan mulai beriangsung kehidupanD. Mengapa lingkungan alam merupakpenghidupan bagi makhluk hidup ?6. Simaklah paragraf berikut!Manusia tidak dapat hidup tanpa menglingkungan alamnya. Dari alam manusbanyak manfaat untuk memenuhi kebPertanian, perkebunan, perikarian, pemerupakan bentuk-bentuk interaksi mlingkungan alamnya untukmemenuhiManusia memelihara alam sedemikiardimanfaatkan dengan baik untuk memmanusia dan mahluk hidup lainnya.Ide pokok paragraf/pikiran utama paratepat adalah ....A. Manusia tidak dapat hidup tanpalingkungan alamnya.B. Dari alam manusia memperoleh b.memenuhi kebutuhannya.C. Manusia memelihara alami sedemdapat dimanfaatkan dengan baikkebutuhan manusia dan mahluk hD. Pertanian, perkebunan, perikananmerupakan bentuk-bentuk interaklingkungan alam7. Contoh konduksi adalah panci logamydiletakkan di atas kompor yang berapiMakna kata bercetak miring dalam kalA. Bendar penghantar panasB. Benda bukan penghantar panasC. Benda berbahaya di lingkungandD. Uang yang terbuat dari logam.
Jawaban: 1.A
2.D
3.A
4.D
5.A
6.C
7B
Penjelasan: di pencet
❤️terimakasih
19. Baca kutipan teks berikut dengan cermat ! Bertamasya ke Tata surya 1) Tata suryaadalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang besar yangdisebut matahari dan semua objek ruang angkasa yang terikat oleh gayagravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan planet, yaitu, Merkurius,venus, Bumi, Mars, Jupiter, saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain itu, ada pulaobjek berupa satelit alami yang telah diidentifikasi, serta jutaan benda langitberupa meteor, asteroid, dan komet yang menjadi bagian dari tata surya. 2) Tatasurya merupakan objek yang menarik untuk dipelajari. Keelokan tata surya telahmenarik manusia untuk mempelajarinya sejak dahulu. Keberadaannya menjadisalah satu pemicu perkembangan penelitian luar angkasa. Berbagai ilmupengetahuan tentang makhluk hidup, baik berkaitan dengan tubuh maupuninteraksi dan hubungan antarmakhluak hidup ada dalam penelitian tata surya.Oleh karena itu, tata surya telah menyingkap berbagal rahasia yang belumdiketahui sebelumnya.....(dikutip dari : Rina Abadi, 2008. Bertamasya ke TataSurya, Jakarta: Intan Pariwara. Dalam Bupena untuk SMP/MTs untuk kelas VIIGagasan pokok paragraf kedua teks di atas adalah...."
Jawaban:
berbagai ilmu pengetahuan tentang mahluk hidup,baik berkaitan dengan tubuh maupun interaksi dan hubungan antar mahluk hidup ada dalam penelitian tata Surya
0 Komentar