bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan
1. bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan
1. Menanyakan salah satu unsur yang telah dibaca, semisal apa itu ... kapan terjadinya ...
2. Menanyakan Essensi atau kesimpulan dari Apa yagn telah dibaca
2. Bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan
memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan yang kita baca
3. Bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan
di baca dengan sunguh2
dan dengan memahami isi bacaan
maaf kalo salah
4. 5. Bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan?
Jawaban:
memberikan beberapa pertanyaan yg berkaitan dengan bacaan yg kita baca
Penjelasan:
Pemahaman bacaan dapat diukur melalui pertanyaan yang menanyakan tentang apa yang dimaksud pengarang, apa yang akan dikatakan pengarang, dan hal-hal apa saja yang tersurat dalam bacaan tersebut.
semoga membantu ya kk
5. Indonesia Indonesia saat ini mengalami krisis literasi masyarakat Indonesia seakan tidak peduli betapa pentingnya budaya literasi di tengah derasnya arus globalisasi padahal literasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkarakter pendidikan memiliki peran sebagai pondasi awal untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca maupun menulis dan budaya yang dibiasakan sejak dini untuk membaca dan menulis agar minat dalam membaca dan menulis dapat meningkat.pada era modern ini anak muda atau orang tua kurang membudayakan literasi apalagi teknologi semakin berkembang. di satu sisi, perkembangan teknologi dapat membantu meningkatkan budaya literasi di Indonesia dengan mudahnya akses berita melalui internet. akan tetapi, di sisi lain masyarakat menjadi lebih menyukai sesuatu yang instan. contohnya adalah menonton tayangan berita di YouTube, serta bermain media sosial dengan bahasa kekinian dan menjauhi budi pekerti.berdasarkan kondisi tersebut sangat diperlukan aksi nyata masyarakat dan pemerintah untuk menumbuhkembangkan kembali budaya literasi. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah membuat berita dengan judul dan gambar yang menarik sehingga masyarakat penasaran ingin membacanya.mengembang kan budaya literasi merupakan sebuah tantangan pada era globalisasi. tantangan itu bukan hanya bagi pemerintah, melainkan juga seluruh masyarakat Indonesia dengan adanya kemajuan teknologi informasi seharusnya kita dapat memanfaatkan literasi yang ada misalnya, untuk saling berbagi informasi, mengurangi maraknya berita hoax, dan meningkatkan akan pentingnya membudayakan literasi pada era globalisasi.baru-baru ini pemerintah sedang gencar mempromosikan gerakan literasi di setiap sekolah dan perguruan tinggi ada kegiatan khusus yang mengharuskan peserta didik melakukan aktivitas literasi selama 15 menit sebelum masuk kelas. aktivitas tersebut tentunya patut dijadikan tolok ukur keberhasilan kegiatan literasi dalam mempersuasikan budaya baca tulis tersebut gerakan budaya literasi juga dapat dilakukan melalui masyarakat misalnya penyelenggaraan Taman bacaan masyarakat.pemerintah daerah di Indonesia agar bisa catatan menanggapi instruksi pemerintah pusat terkait gerakan literasi oleh karena itu, pemerintah daerah harus mendukung sepenuhnya kegiatan literasi, Mari kita dukung pemerintah daerah untuk membantu melalui anggaran dan berperan aktif mengampanyekan aktivitas literasi.budaya literasi merupakan sebuah tantangan besar di tengah-tengah era globalisasi, bukan hanya pemerintah saja yang berperan, melainkan masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam membudayakan literasi ini. dengan pesatnya teknologi informasi, seharusnya kita dapat memanfaatkan untuk saling berbagi informasi dan selalu mengingatkan akan pentingnya literasi.1. sebutkan struktur teks persuasi persuasi tersebut!2. tentukan kalimat ajakan dalam teks persuasi tersebut!
Jawaban:
Struktur Teks Persuasif
1. Pengenalan Isu
Pengenalan isu berupa pengantar atau awalan pada teks yang mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.
2. Rangkaian Argumen
Rangkaian argumen berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini juga dikemukakan mengenai data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.
3. Pernyataan Ajakan
Pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ajakan dapat berupa tersirat maupun tersurat pada teks
4. Penegasan Kembali
Penegasan kembali bertujuan untuk memperkuat pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.
PEMBAHASANSOAL
1.PENGENALANISU:
Indonesia saat ini mengalami krisis literasi masyarakat Indonesia seakan tidak peduli betapa pentingnya budaya literasi di tengah derasnya arus globalisasi padahal literasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkarakter pendidikan memiliki peran sebagai pondasi awal untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca maupun menulis dan budaya yang dibiasakan sejak dini untuk membaca dan menulis agar minat dalam membaca dan menulis dapat meningkat.
2.RANGKAIANARGUMEN:
pada era modern ini anak muda atau orang tua kurang membudayakan literasi apalagi teknologi semakin berkembang. di satu sisi, perkembangan teknologi dapat membantu meningkatkan budaya literasi di Indonesia dengan mudahnya akses berita melalui internet. akan tetapi, di sisi lain masyarakat menjadi lebih menyukai sesuatu yang instan. contohnya adalah menonton tayangan berita di YouTube, serta bermain media sosial dengan bahasa kekinian dan menjauhi budi pekerti.
3.PERNYATAANAJAKAN:
dengan adanya kemajuan teknologi informasi seharusnya kita dapat memanfaatkan literasi yang ada misalnya, untuk saling berbagi informasi, mengurangi maraknya berita hoax, dan meningkatkan akan pentingnya membudayakan literasi pada era globalisasi.
4.PENEGASANULANG:
budaya literasi merupakan sebuah tantangan besar di tengah-tengah era globalisasi, bukan hanya pemerintah saja yang berperan, melainkan masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam membudayakan literasi ini. dengan pesatnya teknologi informasi, seharusnya kita dapat memanfaatkan untuk saling berbagi informasi dan selalu mengingatkan akan pentingnya literasi.
6. 1.Menyusun kesimpulan dengan cara induksi atau deduksi kita lakukan bila membuat karangana.argumentasib.persuasic.narasid.eksposisie.deskripsi2.Lukisan naik turunnya data yang berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkat atau nilai dari berbagai aspek disebuta.grafik lingkaranb.grafik batanganc.grafik garisd.bagan aruse.bagan pohon3.Informasi nonverbal diperlukan bila data informasi membutuhkana.perincianb.penjelasanc.visualisasid.persentasee.alasan-alasan4.Berikut ini yang termasuk perintah kerja tertulis, kecualia.memob.surat edaranc.buku manual kerjad.surat pengumumane.surat pengiriman barang5.Gambaran informasi yang berbentuk garis-garis menaik dan menurun disebuta.grafik lingkaranb.diagramc.denahd.tabele.peta6.Semua pernyataan di bawah ini benar, kecualia.tabel ialah informasi lewat kata dan bilangan yang tersusunb.tabel ialah informasi tanpa kalimat penjang dan tanda bacac.membaca tabel memerlukan kecermatan dan kepekaan berpikird.tabel dapat merupakan sumber gagasane.tabel disusun setiap kita membuat karangan7.Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan opini adalaha.Menurut polisi insiden itu tidak menimbulkan korban.b.Siswa tim PBB yang lalu.c.Ketika kendaraan mereka melintas, bom yang ditempatkan di pinggir jalan meledak.d.Ledakkan itu menimbulkan lubang di jalan dan menghancurkan jendela di kawasan pemukiman dekat markas pasukan AS.e.Tentara AS sedang melakukan patroli sekitar pukul 21.30 saat serangan terjadi.8.Produksi beras impor dan pengadaan beras! Pernyataan berikut sesuai dengan tabel tersebut, kecualiProduksiT ahun1996199920022004Produks i pa di( juta ton kg )51.550.8751.4954.34Produks i Be ra s( J uta ton )33.2233.0633.4745.32I mpor Be ra s( J uta Ton )2.144.51.810.17Pe ngadaan Be ras( J uta Ton )35.3637.5635.2833.69a.Makin tinggi produksi padi makin rendah impor beras.b.Impor beras tertinggi terjadi pada kondisi beras tinggi.c.Tingginya produksi beras seiring dengan tingginya pengadaan beras.d.Kondisi produksi beras paling tinggi justru pengadaan beras terendah.e.Impor pengadaan beras terjadi ketika terjadi pengadaan beras terendah.9.Paragraf yang dimulai dengan pernyataan yang khusus dan diikuti penjelasan yang bersifat umum disebuta.deduktifb.induktifc.sebab akibatd.akibat sebabe.induktif– deduktif10. Pernyataan yang dimulai dengan pernyataan yang bersifat umum dan diikuti penjelasan yang bersifat khusus disebuta.induktifb.deduktifc.induktif-deduktifd.deduktif-induktife.sebab akibat11. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah ....a.mengungkapkan informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbalb.mendengar adalah bagian dari menyimakc.mendengarkan sambil berkreatifitas dapat membantu mencapai hasil yang baik dalam menyimakd.menyimak adalahkegiatan menyerap informasi yang didengarkane.proses menyimak adalah upaya memahami isi pesan dari informasi yang didengarkan12. Di bawah ini merupakan kegunaan tabel dan grafik, kecualia.menunjukkan fakta dengan jelasb.menghemat waktu karena mempercepat komunikasic.menyatakan fakta-fakta dalam konteksd.menyatakan fakta-fakta lebih tersamare.menunjukkan fakta-fakta itu lebih mudah13. Bila ingin menggambarkan data berupa program kerja, biasanya kita menggunakana.denahb.petac.grafikd.matrikse.diagram14. Gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung disebuta.petab.matriksc.denahd.diagrame.bagan15. Gambaran buram sketsa istilah lain dari a.diagramb.bagan c.petad.denah e.tabel16. Menyimak dianggap berhasil bila diukur dari hal berikut, kecualia.mengemukakantanggapan sesuaidenganinstruksi yang disampaikanb.dapat mengaktualisasikan informasi baik lisan maupun tulisanc.membuat kesimpulan dengan menguraikan inti pokok informasi yang disampaikand.memahami informasi yang didengarkane.dapat mengutarakan kembali informasi yang didengar dengan makna yang sesuai17. Menyimak pembacaan puisi, cerpen, termasuk jenis menyimaka.ekstensifb.intensifc.diskriminatifd.pemecahan masalahe.apresiatif18. Menyimak untuk memahami secara terperinci, teliti, dan mendalam bahan yang disimak adalah jenis menyimaka.untuk menghiburb.apresiatifc.untuk belajard.diskriminatife.untukmenilai19. Karangan/tulisan yang memerlukan analisis dan sintetis dapat ditulis dalam bentuka.eksposisib.narasic.argumentasid.persuasie.deskripsi20. Untuk mengambil kesimpulan dari informasi nonverbal diperlukan hal-hal berikut, kecualia.perhatikan isi informasib.perhatikan kata-kata dan angka-angkac.lihat model dan warna gambarnyad.artikan hubungan antar–lambang atau angkae.perhatikan antar–bagian-bagiannya.
1.E.
2.B.
3.E.
4.A.
5.B.
6.E.
7.A.
8.-
9.B.
10.B.
11.C.
12.D.
13.C.
14.A.
15.B.
16.B.
17.B.
18.E.
19.C.
20.C
Maaf,kalo andaikan ada yang salah.Khusus soal no.8 saya kurang paham...
7. LATIHAN TEMA 2 ( PENGAYAAN )1. Salah satu langkah membaca intensif adalah menandai … yan dianggap penting.2.Membaca intensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan … 3.Untuk memahami bacaan dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan bacaan. Kata tanya mengapa digunakan untuk menanyakan….4.Museum Perumusan Naskah Proklamasi dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB, kecuali hari libur nasional.5.Kalimat tanta yang tepat untuk jawaban di atas adalah …( menanyakan waktu )6.Hewan hyena banyak terdapat di Afrika.Hiena termasuk dalam family Hyaenidae. Ada empat jenis hyena yaitu hyena tutul ( Crocuta crocuta), hyena coklat ( hyaena brunnea), hyena loreng ( Hyaena hyaena), dan hyena aardwolf ( Proteles cristatus). Hiena tutul merupakan hyena terbesar dengan berat mencapai 95 kilogram. Dan hyena aardwolf merupakan hyena terkecil. Paragraf tersebut menginformasikan tentang ….7.Menggunakan barang produksi dalam negeri menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan karena ….8.Perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan merupakan tindakan …9.Bebek mempunyai jari kaki berselaput. Fungsi ciri khusus tersebut adalah….10.Cicak melindungi dirinya dengan cara11.Tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus adalah….12.Paruh burung kolibri berukuran kecil, runcing, dan panjang, berfungsi untuk….13.Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuiakan diri terhadap linkungannya disebut …14.Teratai memiliki daun yang lebar dan tipis, yang berfungsi untuk ….15.Tanaman yang menggugurkan daunnya pada musim kemarau adalah …16.Tempat yang termasuk pelestarian in situ adalah …17.Perhatikan pernyataan berikut ini .=>Pemerintahan yang berdaulat=>Memiliki hukum nasional=>Memiliki wilayah=>Memiliki rakyat=>Ikut melaksanakan ketertiban duniaSyarat uyang diperlukan untuk membentuk sebuah negara ditunjukkan oleh pernyataan …18.Perjanjian Renville dilakukan antara pihak … dan ….19.Pertempuran Ambarawa memiliki arti penting karena….20.Program yang dilaksanakan pada tahun 1948- 1950 yang bertujuan meningkatkan produksi pangan dan swasembada pangan adalah ..21.Berikut iringan tari yang termasuk iringan eksternal adalah….22.Penari tari Indang melakukan gerakan dimamis dengan duduk berbanjar. Gerakan penari tersebut membentuk formasi garis...23.Gerakan pada tari Indang hampir sama dengan gerakan pada tari ….24.Garis yang dilalui oleh penari sat melakukan gerak tari disebut …24.Semua gerakan tari Indang tampak sama dengan tari Saman.Tari Saman bersal dari daerah..25.Posisi badan ke arah kiri, lalu ke kanan, kedua tangan disilangkan, lalu digerakkan ke atas dan ke bawah.Gerakan tersebut merupakan salah satu gerakan tari Indang yang ke ….
Jawaban:
1.kalimat
2.teliti/cermat
3.sebab
4.-
5.kapan
6.hewan heina,jenisnya,berat dan ukurannya
7.akan mengurangi pemakaian produk asing yg dapat menyebabkan kurangnya minat pd produk lokal
8.patriolisme
9.untuk memudahkan bebek berenang
10.memotong ekornya untuk mengalihkan perhatian musuh
11.untuk melindungi dirinya dari musuh/mangsanya
12.mempermudah melubangi pohon
13.adaptasi
14.Untuk mengurangi penguapan
15.pohon jati
16.soalnya nggak jelas
17.memiliki wilayah
18.sultan hsanudin dan belanda
19.banyaknya yg musnah
20.-
21.gak ada pilihannya
22.lurus bersap
23.tari saman
24.lola tari
25.aceh
26.-
Penjelasan:
maaf kalo ada yg salah yg nggak kejawab juga, kemampuanku cuma segini
8. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar ! 1. Judul merupakan kepala teks yang mencerminkan ....2. Judul biasanya dicetak mencolok , misalnya berukuran lebih besar dibandingkan ....3. Kata - kata penting yang berkaitan dengan pokok bahasan yang sedang dibicarakan disebut ....4. Kita harus memahami isi dan tema teks terlebih dahulu sebelum ....5. Susunan kata yang dipilih untuk judul pada sebuah teks sebaiknya mampu menarik ....6. Selain letak dan penulisan yang mencolok , judul memuat kata kunci yang berkaitan dengan ....7. Dengan membaca dan memahami judul , kita dapat memperkirakan isi teks sebelum ....8. Memperkirakan isi teks dapat dilakukan dengan menunjukkan ....9. Dalam setiap paragraf pada suatu teks terdapat ....10. Kalimat utama berisi ....11. Gagasan pokok atau gagasan utama disebut ....12. Gagasan utama biasanya termuat dalam kalimat ....13. Dengan mengetahui kalimat utama pembaca dapat menentukan ....14. Gagasan utama merupakan inti dari suatu ....15. Untuk memperoleh informasi penting dalam teks , pembaca harus ....16. Suatu teks berisi informasi penting yang dapat menambah ....17. Dalam setiap paragraf terdapat ....18. Judul merupakan kepala karangan yang memuat informasi berkaitan dengan ....19. Judul seharusnya memuat kata kunci yang berkaitan dengan ....20. Sebelum membaca teks kita harus membaca ....Jawablah pertanyaan - pertanyaan di bawah ini dengan benar !1. Jelaskan yang dimaksud dengan teks nonfiksi !2. Tentukan perkiraan isi teks pada judul teks Seribu Pohon Untuk Pangkas Polusi !3. Tuliskan 3 langkah - langkah yang dapat dilakukan untuk menentukan gagasan utama dalam suatu teks !4. Salah satu cara pemerintah memeratakan kesejahteraan masyarakat Indonesia adalah dengan terus melakukan program listrik masuk desa. Seperti yang kita ketahui , masih banyak desa - desa di pelosok Indonesia yang belum menikmati listrik. Salah satunya adalah desa - desa di Kalimantan Timur.Tuliskan kalimat utama pada teks di atas !tolong jawab Jan ngasal
Jawaban:
1,isi teks
2,isi teks
3,kata utama
4,melakukanya
5,perhatian orang-orang
6,isi
7,membacanya
8,judul
9,indentifikasi, deskripsi bagian dan penutup
10,makna
11,kata
12indentifikasi
13makna cerita tersebut
14teks
15teliti
16ilmu, pelajaran
17-
18isinya
19isi
20judul
maaf cuma sampe no 20
semoga membantu
9. 1. Menyusun kesimpulan dengan cara induksi atau deduksi kita lakukanbila membuat karangana. argumentasib. persuasic. narasi/> d. eksposisie. deskripsi2. Lukisan naik turunnya data yang berupa batang atau balok dan dipakaiuntuk menekankan adanya perbedaan tingkat atau nilai dari berbagaiaspek disebuta. grafik lingkaranb. grafik batanganc. grafik garisd. bagan aruse. bagan pohon3. Informasi nonverbal diperlukan bila data informasi membutuhkana. perincianb. penjelasanc. visualisasid. persentasee. alasan-alasan4. Berikut ini yang termasuk perintah kerja tertulis, kecualia. memob. surat edaranc. buku manual kerjad. surat pengumumane. surat pengiriman barang5. Gambaran informasi yang berbentuk garis-garis menaik dan menurundisebuta. grafik lingkaran d. diagramb. denah e. tabelc. peta6. Semua pernyataan di bawah ini benar, kecualia. tabel ialah informasi lewat kata dan bilangan yang tersusunb. tabel ialah informasi tanpa kalimat penjang dan tanda bacac. membaca tabel memerlukan kecermatan dan kepekaan berpikird. tabel dapat merupakan sumber gagasane. tabel disusun setiap kita membuat karangan7. Pernyataan-pernyataan berikut yang merupakan opini adalaha. Menurut polisi insiden itu tidak menimbulkan korban.b. Siswa tim PBB yang lalu.c. Ketika kendaraan mereka melintas, bom yang ditempatkan dipinggir jalan meledak.d. Ledakkan itu menimbulkan lubang di jalan dan menghancurkanjendela di kawasan pemukiman dekat markas pasukan AS.e. Tentara AS sedang melakukan patroli sekitar pukul 21.30 saatserangan terjadi.8. Produksi beras impor dan pengadaan beras!Pernyataan berikut sesuai dengan tabel tersebut, kecuali1996 1999 2002 2004Produksi padi( juta ton kg )Produksi Beras( Juta ton )Impor Beras( Juta Ton )Pengadaan Beras( Juta Ton )ProduksiTahun33.690.1745.3254.3435.281.8133.4750.87 51.4933.064.535.36 37.562.1433.2251.5a. Makin tinggi produksi padi makin rendah impor beras.b. Impor beras tertinggi terjadi pada kondisi beras tinggi.c. Tingginya produksi beras seiring dengan tingginya pengadaanberas.d. Kondisi produksi beras paling tinggi justru pengadaan berasterendah.e. Impor pengadaan beras terjadi ketika terjadi pengadaan berasterendah.9. Paragraf yang dimulai dengan pernyataan yang khusus dan diikutipenjelasan yang bersifat umum disebuta. deduktifb. induktifc. sebab akibatd. akibat sebabe. induktif– deduktif10. Pernyataan yang dimulai dengan pernyataan yang bersifat umum dandiikuti penjelasan yang bersifat khusus disebuta. induktifb. deduktifc. induktif-deduktifd. deduktif-induktife. sebab akibat11. Pernyataan di bawah ini yang tidak tepat adalah ....a. mengungkapkan informasi dapat berbentuk verbal dan nonverbalb. mendengar adalah bagian dari menyimakc. mendengarkan sambil berkreatifitas dapat membantu mencapaihasil yang baik dalam menyimakd. menyimak adalah kegiatan menyerap informasi yangdidengarkane. proses menyimak adalah upaya memahami isi pesan dari informasiyang didengarkan12. Di bawah ini merupakan kegunaan tabel dan grafik, kecualia. menunjukkan fakta dengan jelasb. menghemat waktu karena mempercepat komunikasic. menyatakan fakta-fakta dalam konteksd. menyatakan fakta-fakta lebih tersamare. menunjukkan fakta-fakta itu lebih mudah13. Bila ingin menggambarkan data berupa program kerja, biasanya kitamenggunakana. denahb. petac. grafikd. matrikse. diagram14. Gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut,sungai, gunung disebuta. petab. matriksc. denahd. diagrame. bagan15. Gambaran buram sketsa istilah lain daria. diagramb. baganc. petad. denahe. tabel16. Menyimak dianggap berhasil bila diukur dari hal berikut, kecualia. mengemukakan tanggapan sesuai dengan instruksi yangdisampaikanb. dapat mengaktualisasikan informasi baik lisan maupun tulisanc. membuat kesimpulan dengan menguraikan inti pokok informasiyang disampaikand. memahami informasi yang didengarkane. dapat mengutarakan kembali informasi yang didengar denganmakna yang sesuai17. Menyimak pembacaan puisi, cerpen, termasuk jenis menyimaka. ekstensifb. intensifc. diskriminatifd. pemecahan masalahe. apresiatif18. Menyimak untuk memahami secara terperinci, teliti, dan mendalambahan yang disimak adalah jenis menyimaka. untuk menghiburb. apresiatifc. untuk belajard. diskriminatife. untukmenilai19. Karangan/tulisan yang memerlukan analisis dan sintetis dapat ditulisdalam bentuka. eksposisib. narasic. argumentasid. persuasie. deskripsi20. Untuk mengambil kesimpulan dari informasi nonverbal diperlukanhal-hal berikut, kecualia. perhatikan isi informasib. perhatikan kata-kata dan angka-angkac. lihat model dan warna gambarnyad. artikan hubungan antar–lambang atau angkae. perhatikan antar–bagian-bagiannya
1.a 2.b 3.a 5.a 9.a 10.a 12.c 14.a 15.d 19.d
10. Kerajaan Gowa Tallo letaknya di Somba Opu, Makassar, Sulawesi Selatan. Raja Gowa bergelar Daeng dan Raja Tallo adalah Karaeng. Raja Gowa Daeng Manrabia (Sultan Alaudin) dan Raja Tallo Karang Matoaya (Sultan Abdullah Awalul Islam) menyatakan penggabungan dua kerajaan menjadi dwi tunggal. Raja terkenal dari Gowa Tallo adalah Hasanudin (1653-1669), karena ketegasannya Belanda menjuluki Ayam Jantan dari Timur. Peninggalan sejarah, antara lain rumah raja Gowa, kapal pinisi, dan kapal layar kora-kora. Kehancuran Gowa-Tallo karena pengkhianatan Raja Arupalaka dari Bone. Belanda berhasil mengalahkan Sultan Hasanudin dengan memaksanya perjanjian Bongaya tahun 166719. Bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan? …………………………………………………………………………………………………… 20. Bagaimana cara kita memperoleh informasi bacaan dari sebuah bacaan? ………………………………………………………………………………………………….
Jawaban:
1. memberikan pertanyaan yg terkait dengan bacaan tersebut
2. membaca judul bacaan
membaca seluruh isi bacaan dengan cermat
Penjelasan:
semoga membantu
jadikan jawaban tercerdas yaa
11. B.Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat!11. Kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam teks disebut12. Pendapat terakhir yang mengandung informasi berdasarkan uraian sebelumnya disebut13. Untuk menguraikan konsep peta pikiran pada teks. pertama kali yang dilakukan adalah14. Intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf disebutUntuk menjawab soal nomor 15, bacalah teks berikut!Musim panas di seluruh dunia kini terasa lebih panas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan akan semakinparah pada akhir abad ini jika polusi karbon terus meningkat.15. Arti kata polusi pada teks tersebut adalah ....C. Jawablah soal berikut dengan uraian yang tepat!16. Apa pengertian dari teks eksplanasi?17. Tuliskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat ringkasan!18. Perhatikan teks berikut!Embun terbentuk dari proses perubahan uap-uap air menjadi titik-titik air. Proses terbentuknya emban inibiasanya terjadi pada malam hari, saat suhu udara cukup dingin. Saat udara dingin, udara tidak mampumenampung uap air dalam jumlah banyak. Uap air yang tidak mampu ditampung itulah yang kemudianberubah menjadi titik-titikair atau embun.Tentukan kalimat utama pada paragraf tersebut!19. Tuliskan cara-cara untuk memahami teks eksplanasi!20. Perhatikan teks berikut!Pernahkah kamu merasakan panas tubuhmu? Tentu kamu pernah meletakkan tangan di keningketika sedang demam. Dalam kehidupan sehari-hari, ukuran (derajat) panas atau dinginnya suatu bendaatau ruang dikenal dengan istilah suhu. Permukaan tangan kita tidak dapat mengukur suhu dengan akurat.Terdapat suatu alat yang digunakan untuk mengukur suhu secara tepat dan dapat digunakan secarainternasional, yaitu termometer.Termometer memilikistandar,lain CelsiusReaumur, Fahrenheit. dan Kelvin. Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasanya menggunakan termometerdengan satuan Celsius.Buatlah kesimpulan pada teks tersebut!satuanantara
Jawaban:
11.ada dua kata" yg sering muncul yaitu:
-kata kunci,dan kata pokok
12. disebut juga ikhtisar dapat berupa fakta ,pendapat atau alasan terhadap sebuah objek .
13.-membaca dengan seksama
14.-ide pokok
15.arti dari polusi adalah hal"yang ada dibawah tanah air maupun udara yang terjadi karena pengiritan zat berbahaya didalamnya atau sering disebut tercemar
16.teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentangvprosesb'mengapa'dan'bagaimana'kejadian"alam'sosial,ilmu,pengetahuan,budaya,dan lain" sebagainya.
17.hal" yg perlu dalam membuat ringkasan adalah yaitu:
-penyusunan gagasan yang panjang menjadi lebih singkat
-penyusunan ringkasan menggunakan kalimat tunggal
-mempertahankan susunan gagasan aslinya
-4alinea yang mengandung ilustrasi dan catatan dapat dihilangkan.
18.embun terbentuk dari proses perubahan uap"air menjadi titik air.
19.ad 4 dalam memahami teks eksplanasi yaitu:
-membaca teks secara terkilas
-memanfaatjan informasi yang sudah diketahui
-menandai hal penting pada teks
-memahamin teka yang sudah dibaca
20.kesimulan yg singkat yaitu dalam kehidupan sehari " kita biasanya menggunakan termometer dengan satuan Celcius,sekian dan terimah kasih
Penjelasan:
maaf klw salah
semoga membantu
12. kak tolong dong kak bantu jawab besok di kumpul kak....Indonesia Indonesia saat ini mengalami krisis literasi masyarakat Indonesia seakan tidak peduli betapa pentingnya budaya literasi di tengah derasnya arus globalisasi padahal literasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat yang berkarakter pendidikan memiliki peran sebagai pondasi awal untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca maupun menulis dan budaya yang dibiasakan sejak dini untuk membaca dan menulis agar minat dalam membaca dan menulis dapat meningkat.pada era modern ini anak muda atau orang tua kurang membudayakan literasi apalagi teknologi semakin berkembang. di satu sisi, perkembangan teknologi dapat membantu meningkatkan budaya literasi di Indonesia dengan mudahnya akses berita melalui internet. akan tetapi, di sisi lain masyarakat menjadi lebih menyukai sesuatu yang instan. contohnya adalah menonton tayangan berita di YouTube, serta bermain media sosial dengan bahasa kekinian dan menjauhi budi pekerti.berdasarkan kondisi tersebut sangat diperlukan aksi nyata masyarakat dan pemerintah untuk menumbuhkembangkan kembali budaya literasi. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah membuat berita dengan judul dan gambar yang menarik sehingga masyarakat penasaran ingin membacanya.mengembang kan budaya literasi merupakan sebuah tantangan pada era globalisasi. tantangan itu bukan hanya bagi pemerintah, melainkan juga seluruh masyarakat Indonesia dengan adanya kemajuan teknologi informasi seharusnya kita dapat memanfaatkan literasi yang ada misalnya, untuk saling berbagi informasi, mengurangi maraknya berita hoax, dan meningkatkan akan pentingnya membudayakan literasi pada era globalisasi.baru-baru ini pemerintah sedang gencar mempromosikan gerakan literasi di setiap sekolah dan perguruan tinggi ada kegiatan khusus yang mengharuskan peserta didik melakukan aktivitas literasi selama 15 menit sebelum masuk kelas. aktivitas tersebut tentunya patut dijadikan tolok ukur keberhasilan kegiatan literasi dalam mempersuasikan budaya baca tulis tersebut gerakan budaya literasi juga dapat dilakukan melalui masyarakat misalnya penyelenggaraan Taman bacaan masyarakat.pemerintah daerah di Indonesia agar bisa catatan menanggapi instruksi pemerintah pusat terkait gerakan literasi oleh karena itu, pemerintah daerah harus mendukung sepenuhnya kegiatan literasi, Mari kita dukung pemerintah daerah untuk membantu melalui anggaran dan berperan aktif mengampanyekan aktivitas literasi.budaya literasi merupakan sebuah tantangan besar di tengah-tengah era globalisasi, bukan hanya pemerintah saja yang berperan, melainkan masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam membudayakan literasi ini. dengan pesatnya teknologi informasi, seharusnya kita dapat memanfaatkan untuk saling berbagi informasi dan selalu mengingatkan akan pentingnya literasi.1. sebutkan struktur teks persuasi persuasi tersebut!2. tentukan kalimat ajakan dalam teks persuasi tersebut!3. simpulkan isi teks persuasi tersebut!4. bacalah kutipan teks berikut!penanaman hutan kembali atau biasa disebut reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang sudah gundul. reboisasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyerap polusi dan debu di udara, selain itu reboisasi dapat membangun kembali habitat dan ekosistem alam. dengan terbangunnya habitat tersebut, pemanasan global yang terjadi di dunia dapat ditanggulangi. reboisasi juga dapat dimanfaatkan kayunya dalam kurun waktu mendatang. oleh karena itu, kita dapat melakukan penanaman hutan kembali atau yang biasa disebut reboisasi. marilah bersama-sama menanam demi kelangsungan hidup generasi setelah kita! tentukan kata ganti, kata penghubung, dan kata teknis dalam kutipan teks tersebut!5. buatlah sebuah paragraf teks persuasi politik!
Jawaban:
1. struktur teks persuasi adalah pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan,dan penegasan kembali.
2. kalimat ajakan pada teks persuasi tersebut adalah:
-seharusnya kita dapat memanfaatkan literasi yang ada.
-mari kita dukung pemerintah daerah untuk membantu melalui Anggaran dan berperan aktif mengkampayekan aktivitas literasi.
-seharusnya kita dapat memanfaatkan untuk saling berbagi informasi dan selalu mengingat kan akan pentingnya literasi.
3.Indonesia saat ini mengalami krisis literasi,maka dari itu pemerintah mengembangkan kembali budaya literasi untuk masyarakat, sekolah,dan perguruan tinggi.
maaf cuma bisa segini aja,semoga membantu
13. Cara untuk mengukur pemahaman terhadap informasi bacaan.
Jawaban:
1. Menyelenggarakan tes tertulis. Tes tertulis dapat mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap informasi yang dibaca. Tes ini dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang dibaca.
2. Menyelenggarakan diskusi kelompok. Diskusi kelompok dapat mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap informasi yang dibaca. Diskusi ini dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang dibaca.
3. Menyelenggarakan wawancara. Wawancara dapat mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap informasi yang dibaca. Wawancara ini dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang dibaca.
4. Menyelenggarakan tes lisan. Tes lisan dapat mengukur tingkat pemahaman seseorang terhadap informasi yang dibaca. Tes ini dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang dibaca.
14. analisis Kohesi dan Koherensi Artikel ini.Refleksi PembelajaranSelama Pandemi Covid-19World Health Organization sudahmengumumkan status pandemi global untukcorona virus 2019 (COVID-19) pada 11Maret 2020 lalu. Seluruh warga dunia berpotensi terkena infeksi COVID-19. Hal tersebut membuat khawatir karena kesehatan dan pertumbuhan pribadi merupakan aspek penting dalam kehidupan. Pertumbuhan pribadi melibatkan pendidikan formal untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan baru. Dengan demikian, pemerintah harus mengambil kebijakan agar pembelajaran tetap berjalanAkhirnya, pada 24 Maret 2020Mendikbud Nadiem Makarim menandatanganiSurat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 TentangPelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam MasaDarurat Penvebaran Corona virus Disease(Covid-19). Salah satu kebijakan tersebut yakni BDR dengan mempertimbangkan fasilitas. Jadi setiap sekolah harus memiliki strategi agar belajar tetap kondusif. Strategi tersebut salah satunya dengan menyediakan fasilitas pembelajaran berbasis internet yang dapat diakses tanpa terkendala waktu dan tempat.Tentunya, pelaksanaan e-learning tak semudahmembalikkan telapak tangan. Sekolah harus menyediakan SDM yang memadai dalam pengelolaan server dan sistem informasi terkait. Sekolah juga menyediakan server yang terhubung dengan internet 24 jam. Setelah hal tersebut siap, para pendidik pun perlumempelajari bagaimana sistem e-learningdapat membantu pengelolaan mata pelajaran yang diampunya. Memahami teknik upload modul, contoh soal dan tugas. Selain itu Peserta didik pun dibimbing cara mengerjakansemua tugas dalam e-learning.Adaptasi kebiasaan baru dalampembelajaran tentunya menjadi polemic karena sebagian besar terdampak akibat pandemi ini. Jika orang tua peserta didik termasuk dalam stratifikasi sosial bourgeois,sistem e-learning, GCR, zoom meeting. danaplikasi lainnya yang mendukung BDR dengan mudahnya diakses. Akan tetapi, bagaimana dengan statifikasi sosial proletar? Keadaan tersebut menuntut keberhasilan pendidik memilih teknik BDR agar tetap kondusif.Pendidik dapat memberikan materi memalui elearning dan print out modul. Teknikpengumpulan tugas melalui e-learning, e-mailbahkan LKS yang diserahkan ke rumah.Harapannya teknik tersebut dapat mengakomodasi seluruh peserta didik.Setelah satu semester BDR tentunya pendidik harus mengukur kompetensi peserta didik. Cakupan ulangan termasuk seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Berbagai platform website menyediakan penilaian online.Idealnya PAS menggunakan aplikasi quiz maker karena lebih efektif dan meminimalisasi kesalahan penilaian. Namun, kemudahan tersebut tak bisa terlaksana tanpa fasilitas yang memadai. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, teknik yang digunakan take home exams. Pendidik tentunya harus memberikan pandangan kepada peserta didik bahwa takehome exams menuntut mereka lebih banyakmembaca dan mendapatkan referensi yang.sesuai. Jangan sampai mereka menganggap bahwa take home exams merupakan ujian yang lebih mudah dibanding dengan ujan tatap muka. Dengan demikian, peserta didik akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan kesempatan mendapatkan nilai lebih tinggi.
Jawaban:
sapi atau cowok ganteng yang terjadi dalam
15. bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan?.......bagaimana cara kita memperoleh informasi bacaan dari sebuah bacaan?......bantuin ya kk yang udah kelas diatas dari kls 4 INGET NGASAL REPORT
Jawaban:
- memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan yang kita baca
-1.Membaca judul teks.
2.Membaca teks dengan cermat untuk mengetahui isi teks.
3. Membuat daftar pertanyaan untuk setiap paragraf, sehingga memudahkan dalam memperoleh informasi dari teks
-
Penjelasan:
Jawaban:
1.membaca judul teks
2.membaca dengan cermat
Penjelasan:
maaf kalau salab ya kak
16. Sebutkan langkah-langkah membuat oleh informasi dari suatu teks bacaan!Bagaimana cara mengukur pemahaman informasi dari suatu bacaan?
Jawaban:
Membaca Judul Teks. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menemukan informasi penting, yakni membaca judul teks. ...Skimming. Skimming adalah kegiatan membaca sekilas. ...Mencatat Isi Pokok Bacaan.Jawaban:Berikut cara menuliskan/menemukan informasi dari suatu teks/bacaan:
Berikut cara menuliskan/menemukan informasi dari suatu teks/bacaan:Baca seluruh teks dengan cermat (membaca naskah asli dengan seksama).
Berikut cara menuliskan/menemukan informasi dari suatu teks/bacaan:Baca seluruh teks dengan cermat (membaca naskah asli dengan seksama).Temukan dan tandai ide pokok tiap paragraf.
Berikut cara menuliskan/menemukan informasi dari suatu teks/bacaan:Baca seluruh teks dengan cermat (membaca naskah asli dengan seksama).Temukan dan tandai ide pokok tiap paragraf.Temukan kata kunci teks tersebut.
Berikut cara menuliskan/menemukan informasi dari suatu teks/bacaan:Baca seluruh teks dengan cermat (membaca naskah asli dengan seksama).Temukan dan tandai ide pokok tiap paragraf.Temukan kata kunci teks tersebut.Tandai info penting dalam tiap paragraf.
Menghitung Jumlah kata yang terdapat satu baris penuh dari pinggir kiri ke pinggir kanan pada satu halaman bacaan.
Menghitung Jumlah kata yang terdapat satu baris penuh dari pinggir kiri ke pinggir kanan pada satu halaman bacaan.Menghitung jumlah baris yang terdapat pada halaman yang bersangkutan dari baris pertama sampai baris terakhir.
Menghitung Jumlah kata yang terdapat satu baris penuh dari pinggir kiri ke pinggir kanan pada satu halaman bacaan.Menghitung jumlah baris yang terdapat pada halaman yang bersangkutan dari baris pertama sampai baris terakhir.Mengalikan jumlah kata dengan jumlah baris yang terdapat dalam bacaan.
Penjelasan:
maaf klo slhhhhhhhhh
0 Komentar